Biaya Hidup di Inggris (Birmingham)

Stadion Kriket Edgbaston

Setelah menginjak bulan keenam, sepertinya zerosugar sudah bisa mengira-ngira biaya hidup minimum di Inggris. Ini hanya sekedar berbagi tips bagi mahasiswa yang berbasis beasiswa tentunya dalam mensiasati hidup di Inggris. Tentu mahasiswa dengan biaya sendiri (pasti masuk kategori mampu dong) tidak memerlukan tips cara menghemat ini.

Pertanyaan pertama selalu berapa jumlah pounds minimal yang harus ada untuk setiap bulannya? Teman-teman dari beasiswa tertentu, misalnya yang bersumber APBN atau Chevening biasanya diberikan sekitar £850 (katanya sih). Beasiswa zerosugar sendiri rahasia, hehehe, gak perlu di publikasi disini. Pertanyaannya, apakah uang £850 itu cukup? jawaban mudahnya sangat relatif. Mengapa demikian?

Tinggal di Inggris, secara garis besar dibedakan dengan dua wilayah berbeda, London dan Non-London. Perbedaan mendasarnya, biaya hidup di London lebih tinggi (secara signifikan) dibandingkan dengan tinggal di wilayah bukan London. Know the reason? I don’t need to spell this out, do I? Untuk mengetahui gambaran biaya hidup London, coba klik ini.

Karena zerosugar tinggal di Birmingham (Non-London), maka info ini hanya (barangkali) bermanfaat untuk yang hendak tinggal di luar London. Walaupun sebagai gambaran atau benchmark bisa jadi bermanfaat. Mari kita kupas satu persatu rincian yang menjadi utility sehari-hari.

  1. Biaya sewa rumah selalu menjadi komponen biaya terbesar dari beasiswa kita yang (relatif) pas-pasan. Pas butuh, pas ada, hehehe. Satu kamar di dalam kampus bisa seharga £480-600 an, di mana harga tersebut sudah termasuk utility bill, koneksi internet, dsb. Dengan kata lain terima beres (itu kelebihannya). Tapi kalau kita ingin harga yang lebih murah (atau jauh lebih murah), sebaiknya kita ambil yang private dan di luar kampus. Semakin jauh semakin baik, eh.. maksudnya semakin murah. Zerosugar saat ini membayar £200* untuk satu kamar berukuran lumayan besar dengan double bed, plus berbagi ruang tamu, dapur dan kamar mandi dengan 3 orang tenant lainnya. Utility bill untuk electric dan gas, selama musim dingin sekitar £120-an, atau £40 per bulan. Kalau musim panas, sudah pasti jauh lebih murah lagi. Koneksi internet sekitar £10-15 an per bulan. Relatif murah, hampir sama dengan di Indonesia.
  2. Khusus untuk yang membawa keluarga, tentu tidak bisa menggunakan asumsi di atas. Sebagai saran, Zerosugar lebih merekomendasikan sewa rumah di luar kampus. Dengan £500 – 600 anda sudah mendapat rumah yang layak dan dekat dengan kampus. Untuk mensiasati tingginya harga sewa rumah, sebaiknya anda harus rela berbagi dan menyewakan (misalnya) satu dari 3 atau 4 kamar yang tersedia ke mahasiswa lainnya. Anggap saja jadi Bapak kost di Inggris… hehehe.
  3. Biaya makan, ini untuk memastikan kita tetap survive selama tinggal di sini. Kalau anda senang ke restoran, pastikan dompet anda cukup tebal, karena sekali makan, yang murah untuk restoran kelas mahasiswa sekitar £2.99. Bisa juga lebih murah, seperti di pinggiran Edgbaston, anda bisa membeli Chicken and Chips dengan porsi besar seharga £1.25. Sangat tergantung restoran, jenis makanan dan lokasinya sih. Tapi pilihan bagi yang suka (atau kepaksa berhemat) adalah memasak. Di sini lah seni hidup di Inggris dimulai. Kita akan dipaksa untuk berburu bahan-bahan masakan dan makanan yang affordable. Alokasikan poundsterling anda untuk satu orang per bulannya sekitar £50 – 100 (sangat tergantung gaya dan nafsu makan anda, hehehe). Zerosugar bisa jamin anda bisa hidup nyaman dan makan enak dengan jumlah segitu. Tempat belanja hemat bin murah antara lain ALDI atau LiDL untuk sayuran (dari mulai 39p – £1.00), buah-buahan, telor (£1.00 per 12 butir), susu dsb, dan untuk daging kalau tidak di Sainsbury’s atau ASDA (karena ada daging halal), bisa juga di toko India. Biasanya di toko India juga bisa nemu beras (£5.00 per 5kg atau malah cuma £14.5 per 20kg), santan, daging dsb. Total belanja anda bisa diperkirakan sekitar £50 – 100 per bulan.
  4. Kebutuhan minor lainnya bisa anda temukan dengan murah meriah di Poundland atau Pound Tree (serba £1.00) atau 99p. Luar biasa murah.

Nah, kalau kebutuhan sandang anda kecualikan, artinya di pinggirkan sementara, maka selama satu bulan tinggal di Birmingham, anda hanya akan menghabiskan sekitar £600-700 bagi yang tinggal di asrama dan masak sendiri, atau sekitar £400-500 bagi yang tinggal di luar kampus.

Jangan lupa ada komponen transportasi, kalau anda suka naik bis atau kereta, dengan alokasi sekitar £50-100, ini tergantung tingkat mobilitas anda. Untuk transportasi reguler, lebih baik anda membeli student pass yang biasanya ada gerai yang menjualnya di masa-masa penerimaan mahasiswa baru di kampus dengan harganya sekitar £135 / term. Jika ingin punya mobilitas lebih tinggi tapi dengan biaya murah, sangat disarankan untuk beli sepeda. Sehat, murah lagi… hehehe. Apalagi kalau anda tinggal lebih dari 1 tahun. Tinggal cari di bike foundry atau Carboot atau kalau di Jepang seperti Flea market (sewaktu tinggal di Tokyo, kita sering disebut Flea-marketer, hehehe). Cek aja situsnya, tinggal tanya mbah google… Sisanya, di akhir minggu, anda bisa berjalan-jalan ke mall di Bullring, untuk sekedar window shopping, atau memang belanja kebutuhan tertentu.

Note. Kalau anda bawa keluarga, tambahkan komponen biaya makan per orang minimal £50, serta alokasi lainnya £50 (in total £100). Jadi, seandainya membawa 2 orang anggota keluarga, siapkan extra £200 an. Tentunya dengan kondisi yang mengharuskan kita bergaya hidup yang sederhana alias hemat. Ingat… hemat pangkal kaya (jadi inget jaman SD, sering belajar peribahasa ini)… hehehe. Jadi… buatlah hidup lebih mudah dan bermanfaat untuk orang banyak.

Well, that’s all for today…

* Saat tulisan ini turun bulan April 2012, status zerosugar masih sebagai anak kost yang menyewa satu kamar. Berbeda dengan kondisi saat ini dimana telah menyewa rumah dengan 4 kamar, dengan harga sewa £500/bulan.

109 responses to “Biaya Hidup di Inggris (Birmingham)

      • mimpi saya dari kecil itu kuliah, kerja, dan tinggal di inggris mas.. tapi ga mungkin biaya dari orang tua, jadi saya harus dapat beasiswa atau kerja dulu disana.. saya sih pgnnya kerja dulu, tapi saya ga ada ide sama skali harus mulai dari mana.. apa yang harus saya lakuin supaya saya bisa dpt kerja disana karena saya kan fresh graduate, blm ada pengalaman kerja sama skali.. denger2 fresh grad susah buat dpt kerja di inggris, bnr mas?

      • Hemat saya, kalau freshgraduate memang sebaiknya mencari pengalaman kerja dulu. Tetapi kalau minat studi tinggi, tidak ada salahnya langsung meneruskan sekolah. Tingkat pengangguran di Inggris dan Eropa pada umumnya meningkat sebagai imbas dari krisis Yunani. Jadi peluang kerja disana untuk orang asing relatif mengecil. Tidak salah untuk dicoba, tetapi sepertinya peluang studi lebih besar. Bisa memanfaatkan berbagai beasiswa.

      • Pertanyaan mudah, tapi jawabannya sulit. Secara singkat anda butuh kemampuan dan sedikit keberuntungan. Butuh konsistensi dan komitmen dalam mengasah kemampuan akademis dan tetap update info-info beasiswa terbaru. Maksimalkan teknologi informasi sebagai jendela anda melihat dunia, dan tetap berdoa. Sangat klise, tetapi itu jawaban yangpaling bisa dipertanggungjawabkan. :)

  1. Gmn mas caranya supaya bisa dapetin beasiswa? Soalnya kan pasti persaingannya kuat bgt.. terus terang saya ga tau prosesnya..

    • Tidak ada resep jitu, yang pasti harus ada elemen kemampuan dan kemauan.
      (1) Persiapkan kemampuan bahasa Inggris yang meyakinkan, misalnya 550 ITP Toefl, 90 iBT Toefl, 6.5 IELTS.
      (2) Bukti kemampuan akademik yang bagus, misalnya IPK >3
      (3) Terkait kemauan, update terus berita beasiswa, seperti Chevening, Ausaid, Mombusho, Sampurna Foundation, atw Fulbright.
      Semoga bermanfaat.

      • oh okay saya lg persiapin yg no 1, mudah2an bisa dpt beasiswa.. nanti kapan2 nanya2 lagi boleh ya mas, makasi banyak loh :)

  2. Terima kasih informasinya, berguna bangeeeet….
    Mas, di Birmingham sampai kapan? insya Allah, kalau nanti saya JADI ke Birmingham bulan September boleh ketemu ya, Mas? boleh nanya-nanya banyak ya, Mas? mudah-mudahan beasiswanya cepat cair, visanya di-approve… doakan ya, Mas…

      • hanas mas-mas-an, sugan teh urang mana, geningan ti garut… :D
        gentos janten akang ah…
        kang, di Birmingham tinggalnya di mana? di univesity accommodation or private? kalau tinggal di hall itu gimana ya modelnya? kalau dibanding dengan kos-kosan di jatinangor kurang lebih lah, gimana? maksudnya untuk yang shared facilities khususnya bathroom…
        saya sedang cari2 akomodasi, kang… ada saran sebaiknya dimana?
        hatur nuhun sateuacanna.

      • hehehe…, sumuhun ti Garut, pami di Birmingham tinggal di dusun Edgbaston. Masalah pemilihan akomodasi mah sangat tergantung kebutuhan dan gaya hidup. Kalau berstatus bujangan dan ingin praktis, mending pilih akomodasi dalam kampus (tapi saya tdk bisa share pengalaman, soalnya belum pernah). Tapi kalau pilihannya ingin berhemat (baca: bijak) apalagi bawa keluarga, tentu pilihan akomodasi di luar kampus (private) lebih rasional. Lebih detailnya segera gabung PPI MIB di fesbuk, akan banyak info berseliweran dan pastinya bermanfaat.

    • Sebaiknya mas gabung di grup facebook PPI UK dulu, pasti banyak info terbaru mengenai London. Gambaran kasarnya memang London relatif lebih mahal dari kota-kota lain di UK.

      • Krisis eropa mungkin tidak begitu terasa di level individual (khususnya di Inggris). Tapi statistik makro menunjukkan peningkatan pengangguran dan inflasi, jadi minimal inflasi nya yang terasa di harga barang…

  3. mas.. mas.. saya baru baca blog nya deh hahaha… update terus ya mas.. doakan saya juga pengen nyusul.. salam buat ponakan2..:p

    • Sebetulnya disini ada beberapa teman saya yang kebetulan penerima beasiswa dikti yang bawa keluarga. Ada juga yang membujang, dan pulang satu atau dua kali setahun.
      Saya tidak bisa bilang cukup atau kurang, sangat tergantung gaya hidup, banyaknya anggota keluarga, dll. Setidaknya kesehatan dan pendidikan anak2 gratis. Saat ini saya sendiri bawa keluarga.
      Saya menyarankan kalau hendak bawa keluarga, lebih baik datang sendiri dulu, supaya settle down dan penyesuaian diri termasuk bisa estimasi budget. Prakiraan biaya bisa dikalkulasi dari uraian tulisan atas.
      Semoga membantu.

    • Sebagai student, di visa yang anda dapat akan tertera ijin kerja maksimal 20 jam. Saya tidak bekerja sampingan, jadi tidak bisa menjawabnya. Tapi dengan ijin kerja di visa, peluang itu sangat terbuka. Beberapa teman juga bekerja part time di sini.

  4. Mas tanya donk. Kalo kesehatan gimana? Apakah bayar? Terutama buat keluarga… apa yg harus dilakukan biar gratis. Hehehehe….

  5. Mas

    teman saya barusan aja berangkat ke manchester, suami istri dpt beasiswa,dikti dan insya Allah rencana suami th dpn u/ sekolah d UK
    u/ fakultas ekonomi terutama jurusan akuntansi, univ yg bagus dimana yach? outer London, apa di Leeds university bagus?
    oh yach skalian nanya ..biaya hidup di manchester apa lebih murah dr birmingham?

    thanks

  6. Assalamuailakum, mas mau nanya ni. Universitas di UK yg biaya pertahunnya dibawah 80jt ada gak? Setiap saya lihat di web rata2 mereka harganya diatas 100jt :(( Pertama saya niat ambil english lit di queen mary. Tapi biaya annualnya 13500pounds so expensive ryt? :( Hmmm would u mind telling bout it 4 me please? thankyou

    • Waalaikumsalam wrwb,
      Mas Fauzi, mengenai tuition fees saya tidak mempunyai info mendetail, kecuali harus browsing satu per satu web universitasnya. Jadi frankly speaking saya tidak bisa menjawabnya.
      Sebagai gambaran bahwa ilmu-ilmu sosial memang berkisar antara £10,000 – 12,000, sedangkan ilmu engineering biasanya di atas £15,000, atau kedokteran yang bisa mencapai angka di atas £20,000.
      Saran saya bahwa yang terpenting adalah sepanjang universitas tersebut resmi dikenali UKBA. Karena apabila seperti kasus London Met bulan juni kemarin, kasihan para calon mahasiswanya yang tidak jadi datang karena CAS nya dibatalkan UKBA, walaupun visa sudah di tangan.
      Anytime, I’m pleased to answer any question related to this topic.

  7. assalamualaikum mas… seneng banget baca blog nya, inspiratif :)
    mau tanya, gimana soal adaptasi? i mean, waktu pertama kali dateng urus ini itu, apply bank account, dll. susah ngga?
    dan untuk speaking, beserta istilah2 nya disana susah ngga menyesuaikan nya?
    perlu berapa lama normalnya untuk bisa ngerasa “fit”
    saya Insya Allah sangat bercita2 untuk ambil postgraduate di UK (non London), doakan ya mas semoga jadi menyusul hehe

    • Waalaikum salam wrwb
      Makasih mbak Annisa atas mampirnya di lapak butut ini :) Saya coba jawab sesuai urutan pertanyaan ya.
      Kemampuan adaptasi (makanan, bahasa, kebiasaan, dll) mungkin berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Tapi secara umum saya kira kita tidak akan menemui masalah yang berarti, kecuali membiasakan diri dengan aksen lokal yang terdengar asing di telinga kita.
      Aplikasi bank account sangat mudah, dengan syarat yang paling penting adalah endorsement atau pengantar dari universitas yang menerangkan bahwa kita adalah student di situ. Untuk kasus di UoB, Student enquiry atau ISAS akan membantu mengeluarkan surat tersebut, atas dasar permintaan kita.
      Urusan lain yang barangkali perlu diperhatikan adalah aplikasi kesehatan di GP (baca: Puskesmas), agar urusan kesehatan kita lebih terjamin. Link ini memberi gambaran tentang prosedur kesehatan http://zerosugar.wordpress.com/2012/09/25/layanan-kesehatan-gratis-di-inggris/
      Sementara bahasa memang pada awalnya agak susah dimengerti, apalagi terdapat gap yang lebar antara bahasa ilmiah (menulis dsb) dengan bahasa percakapan. Saya pun sudah hampir setahun masih suka mengernyitkan alis kalau mendengar mereka bicara (mungkin itu faktor diri saya yang ‘telat’, hehehe). Insya Allah tidak menjadi halangan berarti kok.
      Semoga membantu dan segera terwujud cita-citanya untuk bergabung dengan masyarakat Indonesia di Inggris. :)

  8. salam kenal. butuh info nih mas, kalau ke London trus lanjut ke Prancis dan Netherlands, kira-kira bawa mata uang Euronya dari Indonesia atau tukar di sana saja ya? kalau saya 3 minggu di UK tanpa harus bayar hotel (krn tinggal di tmp teman) apakah 1000 pound cukup?

    terima kasih sebelumnya :)

    • Salam kenal juga mabk Maya.
      Saya kira bawa mata uang Euro langsung atau tukar di sini pun tidak akan beda jauh. Yang tidak disarankan itu bawa rupiah (dalam bentuk cash) . Jadi kalau bawa pounds/euro/dollar sudah lebih dari aman kok.
      Perhitungan saya 1000 pound sudah lebih dari cukup untuk 3 minggu. Apalagi tinggal di rumah teman. Satu kali makan di restoran antara 3 – 7 pound sudah sangat layak dan porsi yang lumayan besar. Jadi kalau sehari pengeluaran makan sekitar 15 pound (saja), maka dalam 3 minggu anda hanya butuh kurang lebih 300 pound.
      Selamat berwisata di London, Eropa.dan sekitarnya.

    • Mas Mukrim,
      Terimakasih telah mampir di sini. Mengenai Aston University, saya tidak bisa bercerita banyak, selain kesan tentang lokasi yang sangat strategis (metropolis), karena berdekatan dengan city centre. Sehingga hampir semua jenis fasilitas umum perkotaan relatif lebih mudah diakses. Misalnya akses transportasi, kuliner, hiburan dsb sangat dekat. Setahu saya juga kampusnya bertetangga dengan salah satu school-nya Birmingham City University (BCU). Jadi secara dinamika kampus mungkin cukup hidup.
      Kira-kira seperti itu gambaran singkatnya.

  9. permisi mas, mau nanya kalo untuk biaya transportasi dan makan di sana untuk 1 atau 2 minggu kira kira berapa ya? sekalian kalau untuk dari london ke birminghamnya lebih bagus naik kereta atau bus?
    terima kasih atas bantuannya :D

    • Transportasi dalam kota bisa menggunakan oyster card atau travel card (lihat postingan saya tentang London, atau cek di google untuk update harga). Kartu ini bisa untuk bis dan kereta semua jurusan dalam satu hari.
      Dengan asumsi mas beli makan (bukan masak), satu porsi biasa (misalnya french fries, ayam & minum) sekitar £3-5. Dalam sehari mungkin habis £10-15. Kira-kira berarti dikali 7 untuk seminggu.
      London-Birmingham bisa menggunakan kereta (start dari London Euston), sekitar 2-3 jam atau bis yang lebih murah, dengan booking online hanya £10 pp (start dari Victoria Coach).
      Semoga bermanfaat.

  10. Hai Mas, senangnya baca artikel mas disini. Memang benar, kalo mau sekolah di LN, khususnya Inggris sebaiknya dengan beasiswa + biaya hidup karena bok! mahalnya ampun2. Banyak ya pelajar Indonesia di Birmingham? Selama ini kalo ke UK, saya selalu tinggal di Malvern, Worcester (+/-2 jam dari Birmingham) dan hampir tidak pernah ketemu orang Indonesia :( Insya Allah tahun ini saya akan kembali ke UK, mudah2an lewat Birmingham (biasanya arrival di LHR), penasaran pengen tau Birmingham spt apa. Salam untuk teman2 Indonesia disana…

    • Halo, salam kenal,
      Membaca ceritanya berarti sering bolak balik ke UK dong, tentu lebih familiar dengan situasi di sini :)
      Saya sendiri baru menginjak tahun kedua tinggal di sini. Harapannya dalam dua tahun kedepan sudah bisa pulang ke Indonesia.
      Mudah2an dalam kunjungan berikutnya anda bisa mampir di Birmingham.
      Terimakasih sudah mampir di blog ini.

  11. salam kenal mas..saya tertarik bgt baca pengalaman mas survive di UK..
    sya interest bgt buat internship di british airways london. kl boleh say aminta recommend nya mas buat tinggal di daerah mana..
    soal nya saya belum tau apa intern itu dapet accmodation dari company.
    tolong perkiraan biaya hidup di london mas..
    salam sukses buat indnesia.

  12. What honestly stimulated u to post “Biaya Hidup di Inggris (Birmingham) | zerosugar”?
    Ireally loved the blog post! Regards ,Sharyl

  13. Kang Zerosugar,
    Tumaros, ari budget GBP900/bulan, cukup moal mun bawa istri sareng bayi (1 tahun) kanggo biaya hidup selama kuliah S2 di Univ of Manchester tahun ajaran 2013/2014.

    Hatur nuhun info na.

    Salam,
    Rifqi

    • Kang Rifqi
      Upami asumsina masih konstan, estimasi kasar abdi mah–insha Allah–masih cekap (dengan catatan gaya hidup sederhana).
      Mung panginten kedah janten catetan, sataun kapayun diperkirakeun inflasi meningkat, imbasna terutami ka pangaos kebutuhan primer.

      Salam

  14. Kang zerosugar,
    Biaya hidup di birmingham apa sama dengan biaya hidup di worcester ? saya berniat kuliah di worcester..

    mohon infonya kang..

    • Kang Mufad
      Worcester masih termasuk wilayah West Midlands, sekitar 30 mil dari kota Birmingham. Jadi perkiraan kasar saya, sepertinya biaya hidup di sana tidak akan jauh berbeda dengan Birmingham.

  15. kang zerosugar, blognya sangat informatif.. terimasih..
    kalau boleh tau, untuk beasiswanya sendiri yang dari indonesia ke UK, lembaga apa saja yang menawarkan? terus terang saya punya mimpi utk meneruskan studi ke UK tapi ga tau cari beasiswanya dimana?
    Achmad Nurdany

    • Mbak/Mas Kara
      Ya, pada dasarnya biaya kuliah atau tuition fees itu untuk membayar seluruh jenis pelayanan universitas ke mahasiswanya, seperti module/kuliah (di kita sama dengan sks), akses perpustakaan (manual/online, lokal, antar universitas dan global), fasilitas internal lainnya dari universitas dll. Buku tentunya masuk dalam konteks pelayanan perpustakaan, kecuali buku yang tidak tersedia dan perlu dibeli dengan uang sendiri :)
      Mudah-mudahan menjawab pertanyaannya.

  16. mas zerosugar, saya ingin melanjutkan s2 di inggris tetapi apakah lulusan s1 universitas swasta seperti saya dapat diterima disana ? saya memakai biaya sendiri bukan dari beasiswa…

  17. mas saya mau tanya . di uk univ yang ada jurusan sistem informasinya dimana ya mas ? trus kira* buayanya untuk per semesternya tanpa beasiswa brapa ya mas ? thanks :)

  18. permisi mas . mau tanya.. mas kalo misalnya mau masuk brimingham tapi tanpa beasiswa kira2 uang masuk pertama berapa ya? terus persemester berapa ?
    tes masuk nya apa aja ,, untuk yang S2….

    • Mbak Linda
      Mengenai uang kuliah sepertinya berbeda antara satu universitas dengan yang lainnya. Mbak pilih universitas mana (Univ of Birmingham, BCU, Aston Univ atau UCB). Bisa dicek di masing2 web kok.
      Selain itu juga tergantung jurusan yang dipilih, biasanya ilmu sosial lebih murah dibanding ilmu alam/eksak. Estimasinya antara £10,000 – £25,000 per tahunnya.
      Untuk tes masuk, khusus S2, setahu saya yang penting mbak aplikasi saja secara online dan penuhi persyaratan minimum bahasa yang ditentukan universitas dan/atau UKBA, standarnya IELTS atau TOEFL web-based.
      Semoga bermanfaat.

  19. Assalamualaikum Wr. Wb,

    Salam kenal kang sugar, kenalin nama saya toso, meski nama (sedikit) kejawaan, saya asli Bandung. Insyaallah saya september 2013 ini akan berangkat ke Birmingham untuk ambil MBA di UoB. Sampai saat ini sih masih menunggu CAS turun dari admission office nanti di bulan Juni. Saya mah cuma mau nanya kira-kira apa aja ya yang vital untuk di-arrange dari sekarang, eg. apakah untuk akomodasi awal lebih baik cari cheap hostel dulu atau lebih baik gimn ya?
    Hatur nuhun sateuacanna, e-mail saya di mardiyantoso@gmail.com.

    Wassalam,
    Toso

    • Kang Toso
      Kalau pertimbangannya cari yang ekonomis, sepertinya kalau untuk akomodasi, kang Toso mendingan gabung saja ke teman2 yang di Birmingham. Banyak kok keluarga Indonesia yang menerima kost mahasiswa baru, relatif lebih murah daripada ke hostel apalagi hotel :).
      Saran saya segera gabung ke grup facebook PPI MIB. Biasanya banyak calon bapak kost yang bersedia menampung kok, lebih mudah (+murah) daripada ngurus ke agen. Kecuali kalau kang Toso berencana bawa keluarga dan anak, seperti saya, mungkin perlu persiapan yang lebih matang.
      Wilujeng sumping di Birmingham, di antos pisan.

  20. Selamat siang mas, saya sangat bersemangat membaca di blog mas zerosugar. Saya ingin bertanya mengenai biaya hidup di chester, karena bulan juli tahun ini saya berangkat ke chester. Sedangkan saya cari biaya hidup dan akomodasi susah banget di om google, mungkin mas zerosugar ada info mengenai chester perkiraan kasarnya saja :)
    Terimakasih :)

    • Mbak Mega
      Saya tidak punya info khusus mengenai Chester, selain patokan umum bahwa kota-kota di luar London relatif lebih murah dari London. Selain kotanya yang lebih kecil, saya kira tidak akan beda jauh biaya hidup di Chester dengan Birmingham atau Manchester.
      Untuk mendapatkan gambaran umumnya, ada baiknya untuk mempelajari kotanya di situs pemkotnya http://www.cheshirewestandchester.gov.uk/
      Semoga bermanfaat, dan selamat bergabung di masyarakat Indonesia di Inggris. :)

  21. salam kang zerosugar.
    blognya inpiratif sekali.

    mau tanya nih, akang s1 nya di universitas mana, jurusan apa,
    terus s2 nya jurusan apa?
    suka bola nggak kang, kalo suka, pernah nonton bola di stadion dong? hehehehe

    haturnuhun kang,
    best regards.

    • Kang Rizky
      Hatur nuhun sudah mampir. Dulu S1 di Unpad Bandung, S2 di ICU-GSPA Tokyo, jurusan sama di Public Adm. Kalau nonton bola sudah jelas hobi, cuma di TV aja, hehe, pernah nonton juga dibayarin orang…
      Regards

      • assalamu alaikum.. sangat bermanfaat.., salam kenal.. mau tanya .. sekarang sy sedang proses menyusun skripsi jurusan administasi publik konsentrasi MSDM, insya allah berencana mau ikut beasiswa S2 di jepang sbg pilihan utama, birmingham pilihan kedua, mohon informasi tentang ICU-GSPA, persyaratan ikut JICA..,

        arigatou gozaimasu..

      • Waalaikum salam wrwb Nuni chan
        ICU-GSPA adalah salah satu graduate school yang mengkhususkan diri di bidang Public Administration. Sepertinya sekarang sudah merger dengan graduate school lainnya. Info tentang graduate school terbaru bisa cek link berikut:
        http://www.icu.ac.jp/en/graduate.html
        Untuk info JICA coba cek link in http://www.mext.go.jp/a_menu/koutou/ryugaku/boshu/1333340.htm
        Maaf, saya hanya bisa bantu link saat ini, semoga cukup membantu dan sukses selalu :)

      • arigatou gozaimashita.., mudahan” nanti bisa .., masih banyak yg mau ditanyain tapi nggak tahu harus mulai dri mana.. kebanyakan :D

        arigaotu gozaimashita… ganbatte.. sukses selalu..

      • maaf, mau nanya yg sifatnya sensitif.., jdi untuk ibadahnya gimana ya?sy rasa ini satu tantangan untuk dinegara yg islamnya minoritas.. apalagi ini tempat di “ICU”

      • Itulah seninya hidup di negara yang muslimnya minoritas. Tidak di Jepang atau Inggris, tidak ada bedanya. Yang agak beda, di Inggris atau negara barat lain masih ada kristen garis keras, walaupun tidak banyak. Kebanyakan mereka malah mengaku atheis dibanding kristen. Apalagi Jepang yang boleh dikatakan tidak punya agama. Mungkin karena Jepang tidak punya sejarah konfrontasi dengan Islam, jadi mereka tidak mempunyai phobia atau ketakutan terhadap Islam atau pemeluknya (tidak seperti Amrik atw negara barat lainnya). Bahkan di institusi yang melabeli diri kristen sekalipun, mereka sangat welcome dan open minded terhadap kemajemukan. Saya tidak menemukan kesulitan untuk bergaul dan beribadah. Apalagi saya diberi ruang belajar juga, yang kadang2 digunakan untuk menjalankan shalat.
        Best of all, mereka sangat friendly dan respect dengan identitas muslim kita.

      • akhirnya connect jg, lama nggak buka gara” skripsi sindrom.. :D

        wah.. alhamdulillah.. well itulah yg membuat sy suka dg jepang sejak kecil.. smoga nanti bisa trwujud.. amin..

        terima kasih banyak.. arigatou gozaimashita..

        kak.. bisa nanya” lewat email kan? nanti klo ada yg mau ditanyain lg soal skolah dan kondisi jepang bagaimana..dll.. :)

      • S2 ditanggung pemerintah Jepang (JICA), kalau yang sekarang ceritanya lewat skema spirit dari World Bank.
        Sama2 kang Rizky, terimakasih sudah meramaikan lapak ini :D

  22. Mas, sy lulus program sandwich dikti untk penelitian di univ. Birmingham, krn sy perempuan yg ud tua ud lbh dr 50 th nih,agak ngeper jg berangkat sendiri ke birm. Tlg dong mas rekomen tempat tinggal yg murah meriah. Mungkin sy bs sewa kamar dr mas sj? Oya sy berangkat bln agustus thn ini. Thank you

    • Bu Sulistini
      Mengenai tempat tinggal, saya kira tidak perlu khawatir. Di Birmingham tersedia banyak pilihan dari yang super murah (seperti sewa kamar) sampai yang super duper :).
      Mahasiswa yang berangkat single biasanya sewa kamar atau rame2 sewa satu rumah. Saya sarankan untuk segera gabung facebook PPI MIB supaya bisa komunikasi dengan sesama calon pendatang, siapa tahu mau sewa bareng2, atau biasanya juga banyak yang mau menampung langsung, Sementara saya sendiri bersepakat dengan istri untuk berhenti dulu jadi bapak kost :).
      Selamat bergabung di masyarakat Indonesia di Birmingham.

  23. Makasih banyak ya mas, sy akan coba gabung dg ppi, tp kl sy kurang ngerti boleh hub mas ya? Hrp maklum mas faktor ‘u’ alias usia yg bikin gaptek, thanks so much, sulis

      • Halo mas,
        Boleh dong mas tips memenangkan beasiswa dishare selengkapnya ke email saya. Mohon advisnya juga bagaimana mencari akomodasi yang harganya terjangkau dengan fasilitas memadai di London. Saat ini, saya sedang menanti kepastian beasiswa, untuk enroll di UCL September ini. Sementara sudah memperoleh unconditional offer di sana. Sebaiknya bagaimana ya mas, apakah saya mesti menanti kepastian beasiswanya baru mencari akom atau sebaliknya? Berhubung ini sudah mau bulan Juni, sementara enrolment start September, apa saja yang mesti saya urus dalam situasi belum jelas kepastian beasiswa seperti saat ini? Please advise. Terimakasih banyak mas.

      • Mbak Agnes
        Selamat ya, kalau sudah dapat unconditional offer sebetulnya relatif tidak ada masalah berarti. Mungkin tinggal kendala biaya yang perlu dipikirkan.
        Mencari akom dgn menunggu beasiswa seperti diskusi chicken-egg. Sekedar saran, seandainya peluang beasiswanya besar, mendingan menunggu saja, toh unconditional offer biasanya bisa ditunda untuk satu tahun ke depan (skenario buruknya).
        Tetapi kalau dirasa secara finansial tdk terlalu berat, bisa saja mbak langsung cari akom, jika ingin berangkat tahun ini. Apalagi masa berlaku visa, kalau tdk salah, hanya tiga bulan sejak diterbitkan. Kalau apply visa Juni ini, maka paling telat september harus sdh terbang, atau visanya jadi void.
        Email akan saya forward, mudah2an bermanfaat. :)

  24. Excuse me ,
    Saya mau tanya mas ,saya ada rencana kuliah di manchester of university,kira” rincian biaya kuliah disana ambil jurisan desaigner berapa ya ?
    Dan saya gak pakai beasiswa,trus berapa sewa rumah disana ,sama rincian biaya hidup disana …
    Makasih sebelumnya mas :)

    • Mas Dwika,
      Singkatnya, biaya kuliah bisa dicek di webnya Manchester University. Sebagai gambaran biasanya jurusan eksakta sekitar £15,000-20,000, sedangkan ilmu sosial antara £9,000-15,000.
      Sewa rumah (bukan kamar), alokasikan antara £350-600, tergantung pertimbangannya apa dulu. Sedangkan biaya hidup, saya kira tidak jauh dengan perhitungan di atas, untuk bujangan alokasikan saja antara £250-350.
      Semoga bermanfaat :)

  25. assalamualaikum,
    mau tanya kang, saya baru diterima beasiswa dari LPDP di univ birmingham, karna hanya 1 tahun masa kuliah apa boleh bawa istri? apakah disana ada kursus bahasa inggris yang biayanya tidak mahal untuk mengisi waktu luang istri saya..hatur nuhun :)

    • Waalaikum salam wrwb
      Selamat ya kang Rahman, welcome to Birmingham. Kapan datangnya? mungkin September 2013 ini ya? sesuai kalender akademik universitas.
      Tentang boleh tidaknya bawa istri, dalam urusan dengan imigrasi tentu saja boleh, selama akang memenuhi persyaratan UKBA. Tentunya konfirmasikan juga ke pemberi beasiswa, apakah diperbolehkan atau tidak. Karena ada beberapa skema beasiswa yang tegas-tegas melarang membawa istri sebelum settlement. Saya rasa sih tidak masalah.
      Kursus bahasa Inggris tersedia di universitas, tepatnya di EISU, harganya saya lupa, sekitar £140 – 200 an lah. Kalau yang gratis biasanya disediakan oleh lembaga-lembaga charity atau gereja, lumayan sih daripada keluar uang :D.

      • hatur nuhun infona kang,

        Insya Allah september berangkatnya. ada info penerbangan yang murah ga kesana hehe? mau tanya mengenai asuransi, bagaimana prosedurnya, apa keluarga kang zero menggunakan asuransi smua, biaya asuransinya kira2 berapa (untuk istri) dan berapa jumlah uang yang harus ada untuk mengajukan visa. skli lagi terima kasih banyak kang zero :)

  26. oiya tambahan lagi kang,

    boleh bawa majic jar, setrika, abon, saos, dan bumbu2 siap saji tidak di pesawat?

    hatur nuhun

    • Tentang visa, coba cek lagi di situs ukba, soalnya kebijakannya berubah terus, kalau tidak salah, terakhir mesti menyiapkan saldo £4,000 per orang, sedangkan biaya aplikasi visa sekitar 4 jt an per orang.
      Saat ini saya pake NHS, asuransi standar yang berlaku di Inggris, sifatnya otomatis begitu masuk ke Inggris, kita bisa langsung daftar di klinik terdekat. Tapi kalau asuransi khusus saya tidak ikut, mungkin nanti mau nyari, siapa tahu ada yang cocok dan mudah.
      Yang perlu dibawa, seperlunya saja, abon, makanan2 yang kira2 memang khas, dan tidak ada di sini mendingan dibawa, soalnya custom Inggris juga (untungnya) tidak seketat Australia. Tapi kalau bawa magic jar sih sepertinya kegedean, mendingan beli di sini, atau siapa tahu ada yang mewariskan.. :D

  27. Mas Zerosugar, senang bgt nemu web ini :)) Saya pribadi tertarik untuk buka usaha kuliner di Inggris mas. Dengan menu makanan khas indonesia (padang, sunda). Menurut mas, gimana peluangnya? Dan Kira2 perlu dana berapa bnyk untuk memulai dengan counter yg sederhana aja dl. Mohon pencerahan nya, thanks.

    • Mas/Mbak Fa
      Tentang peluang usaha kuliner, saya tidak bisa menjawab banyak. Dengan semakin banyak warga kita dan mahasiswa yang tinggal di Inggris, tentu peluang itu terbuka luas. Sebagai info saat ini sudah ada juga pengusaha Indonesia (kebetulan) pasutri Sunda dan Padang yang buka warung Indonesia di London. Warungnya lumayan terkenal dan berada di pusat London yang cukup strategis.
      Sebetulnya tiap kota juga selalu ada wirausaha orang Indonesia yang membuka usaha kuliner Indonesia. Jadi dari sisi kompetisi juga mungkin perlu menjadi pertimbangan. Dari sisi modal tentunya butuh dana yang lumayan besar, mengingat bahan baku dipastikan sebagian besar diimpor (paling dekat biasanya dari Belanda).
      Selain itu perlu juga dipikirkan perijinan. Setahu saya tidak sembarang orang bisa berjualan makannan tanpa ada sertifikat kelayakan yang diberikan council setempat. Jalannya mungkin masih panjang, tapi kenapa tidak.
      Selamat merintis dan semoga berhasil ya :)

  28. Assalamualaikum Kang.
    Alhamdulillah saya baru keterima beasiswa untuk melanjutkan S2 di Inggris untuk jurusan linguistics. Rencananya saya ingin kuliah di UoB, tapi masih buta banget nih Kang. Mohon sarannya ya kira2 apa yang perlu disiapin. Saya juga belum punya LoA nih Kang, berhubung baru dpt pengumuman diterima beasiswanya minggu lalu. kira2 lama ga ya proses pengurusan LOA nya? Kalau bisa sih mudah2an bisa mulai September 2014 ini. kira2 mungkin ga Kang? IELTS saya jg masih dlm proses.
    makasi sebelumnya Kang =)

    • Waalaikum salam wrwb
      Alhamdulillah, mbak patut bersyukur sudah menerima beasiswanya, di mana tidak setiap orang mendapatkan rejeki seperti itu. Selamat ya :)
      Sepertinya mbak Fera harus segera atau sering-sering buka web UoB (atau university lainnya) untuk mendapatkan update penerimaan mahasiswa 2014. Saya tidak tahu pasti apakah September 2014 ini keuber, tapi biasanya kampus-kampus luar itu lebih fleksibel.
      Penting untuk berkomunikasi dengan international office nya atau admission team, supaya memastikan kapan LoA atau CAS nya bisa diterima.
      Mengenai IELTS nya, semoga sukses ya
      Cheers

  29. Assalamualaikum kang,

    Alhamdulillah saya sudah lolos beasiswa LPDP dan sudah mendapatkan LoA dari UoB juga..yang mau saya tanyakan ketika di bandara ada pengecekan laptop gag mas terkait keaslian windows dan programnya..windows saya asli..tapi tidak semua program saya asli…mohon pencerahannya…soalnya katanya kalo ke luar negeri pengecekan terhadap laptop itu ketat banget..mohon pencerahannya mas,,,terima kasih…:)

    • Waalaikum salam wrwb,
      Alhamdulillah, mbak Fani, selamat ya, tinggal mbak siap2 mental saja mengarungi hidup di Birmingham. Pengalaman saya bolak balik masuk pintu imigrasi UK, tidak pernah diperiksa yang namanya laptop, kecuali kita harus menunjukkan atau memisahkan laptop dari koper kita. Jadi saya kira tidak ada masalah mbak,

  30. Mas mau tanya lagi..saya tertarik untuk booking accommodation di cadnam hall atau duncan smith house di Harborne, Birmingham. Kalo sama UoB deket gag ya mas? trus apa opini mas tentang kedua tempat tersebut., soalnya saya lagi bingung baget mas nyari accommodation buat saya dan teman saya. kami berdua akan berkuliah di UoB juga. Maunya ya double bedroom in a room..biar bisa hemat gitu..ada saran kah mas? terima kasih sebelumnya..

    • Hmm, kalau itu saya harus buka peta dulu, :) tetapi sebenarnya akomodasi kampus tidak ada yang berjarak jauh, hampir semuanya walkable kok, kalau mau akurat mbak bisa googling sebentar.

  31. Adakah saran untuk accommodation mas yang terjangkau, nyaman, dan aman? rata-rata kok perlu guarantor ya mas..itu gimana ya??

    • Sebetulnya akomodasi yang paling murah adalah private house, tapi biasanya disewa oleh bbrp orang, misalnya mbak punya teman berempat saja, maka bisa sewa rumah berkamar empat dengan harga berkisar £1000 saja perbulan, itu artinya sebulan mbak hanya bayar £250 saja, tp biasanya itu belum termasuk bill, tetapi tetap saja jauh lebih murah dibandingkan dengan akomodasi kampus.

  32. Assalamualaikum Kang,

    Saya mau tanya terkait biaya hidup di Birmingham skg kang. Apakah informasi diatas masih bisa disamakan dengan biaya yg skg mengingat tulisan akang itu di bulan April 2012. Apakah masih sama saja dg biaya skg kang?
    Cheers

  33. Halo kang zerosugar,
    Keren postingannya..:D
    Kalau apply visa itu kira-kira berapa lama ya?terus dokumen yang dibutuhin apa aja kang? 30 Sepetmber nanti mulai tahun ajarannya di University of Birmingham.

    Nuhun

    • Hallo kang Ferdi
      Apply visa bisa dilakukan paling cepat 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Jadi, misalnya, kalau rencana berangkat 30 September, maka visa baru bisa diurus paling cepat tanggal 30 Juni atau 1 Juli.
      Sedangkan terbit atau keluarnya visanya sangat tergantung dari kecepatan proses di vfs dan ukba nya. Sangat kasuistis. Dulu visa saya keluar kurang dari seminggu, Ada juga yang harus menunggu sampai 3 minggu.
      Dokumen yang disediakan biasanya KTP, KK, buku nikah, akta kelahiran dan buku tabungan. Di luar buku tabungan, semua dokumen itu harus dilampiri terjemahan bahasa Inggrisnya.
      Nuhun sawangsulna.

      • Kang kalau misalnya visa udah jadi, udah itu ikutan beasiswa dan misal keterima. Nah itu kira-kira gimana ya?oia minta Email nya kang
        Nuhun, wassalamualaikum

      • Kang Ferdi, visa baru bisa diproses kalau sudah ada surat penerimaan dari universitas dan sponsor, jadi urutannya terbalik. Tanpa jaminan penerimaan dari universitas dan sponsor, kang Ferdi tidak bisa apply visa.
        Hubungi saya di zerosugar at outlook dot com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s