resah dan jenis tangan

Menjelang pergantian pimpinan di kantor beberapa waktu lalu, keresahan sempat melanda petinggi atow elit kantor ini, beberapa merasa mempunyai harapan promosi, beberapa lainnya merasa hopeless,.. memang sangat manusiawi, karena keresahan adalah ekspresi kehidupan manusia.
Nah sekarang,.. setelah persoalan elit selesai.. giliran para staf yang resah.. ada yang merasa sudah saatnya bagi dia untuk dipindah ke bagian yang basah (maksudnya yang deket toilet ama bocor atapnya), ada juga yang tidak masalah bertahan di tempat kering… itu pun sangat manusiawi.
Memang bagi beberapa staf, masa mutasi dan promosi adalah masa penuh harapan dan kekecewaan.. salah satunya karena proses itu tidak pernah melibatkan instrumen penilaian kinerja yang objektif.. faktor-faktor non-merit yang justru mendominasi, seperti faktor kepentingan elit tertentu, kedekatan silsilah, primordial dan loyalitas buta biasanya lebih menjadi dasar mutasi atow promosi,… hasilnya adalah ada pihak yang dikorbankan (dengan sengaja).. dan ada pihak yang diuntungkan (karena faktor-faktor tersebut)…

Adalah sebuah lelucon teman kantor.. bahwa modal terpenting untuk mendapatkan promosi atow mutasi yang bagus cuma 3 jenis tangan..

1. Jabat Tangan, artinya harus kenal, harus bersosialisasi, termasuk (mungkin) menjilat sana sini, pokoknya yang penting dikenal, terutama sama elit pengambil keputusan
2. Buah Tangan, artinya sebagai staf, walaupun penghasilan pas-pasan, harus bisa memberi sesuatu pada bos.. ini paradoks betul,.. si miskin harus menyuapi si kaya.. tapi memang begitu keadaannya.
3. Garis Tangan, nah yang ini, katanya.. sekuat apapun modal kita.. tetap garis tangan ikut menentukan.. selain tingkat persaingan yg cukup ketat.. juga faktor transendental juga menentukan.. ck.. ck.. ck..

Padahal sepertinya ada satu jenis tangan lagi… setelah semuanya terlewati.. kamu harus jadi Kaki Tangan, yaitu untuk memastikan kelanggengan karier… hehehe… sounds bad huh… Tapi itu realita.. dan itu terjadi di kantor ini….

Jadi bagi siapa-siapa yang tidak punya semua jenis tangan ini, then don’t even dream it.. itu pantangan, walau demikian.. jangan berpangku tangan, jadikan ini sebagai sebuah tantangan… weleh weleh weleh… nyok kita turun tangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s