siapa yang gila?

Syahdan suatu ketika seseorang datang ke sebuah RSJ, lalu bertanya, siapa yang gila di sini?. Sontak dokter dan pasiennya saling tunjuk. Lho, kok… masing-masing merasa paling waras… ternyata persepsi sangat menentukan pemahaman dan sikap seseorang. Bagi dokter dan (sebagian) orang waras, tentu si pasien adalah orang gila.., tapi bagi si pasien sendiri, dia tidak merasa sakit, apalagi gila..,

BTW, tahukah kalau Indonesia yang (mengaku) agraris ini ternyata merupakan salah satu negara pengimpor produk-produk pertanian terbesar di dunia? Sejak SD kita dicecoki cerita indah kekayaan negeri ini, semua seperti dongeng pengantar tidur, sangat utopis dan tidak pernah terjadi. Ironi ini seperti mengulang cerita kita sebagai anggota OPEC (dulu) yang akhirnya menjadi net importir minyak.

Ketahanan pangan kita memang belum pada tahap mengkhawatirkan, namun kemampuan produksi pangan lokal yang semakin berkurang tentu menjadi persoalan yang potensial mengganggu stabilitas  ke depan. Kebijakan dan insentif terkait ini harus segera dipikirkan para pemilik kekuasaan.

Sekarang ini publik lebih banyak  dicecoki oleh euforia media yang mengumbar panggung politik secara vulgar. Kesadaran mereka digiring untuk memahami persoalan-persoalan praktis yang mengaburkan pada gambar atau persoalan yang lebih besar. Padahal kejujuran dan kebohongan para politisi itu hanya diketahui Tuhan dan politisi itu sendiri.

Hmmm.. ngelantur malam-malam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s