Road to Brum (2): Aplikasi Visa Inggris

Mengurus visa adalah another story. Ini adalah cerita betapa susahnya mengurus visa ke inggris, terutama kalau tidak ada persiapan dan ketelitian dalam membaca petunjuk. Well, in that case, you need to be able to read any english-based information. Zerosugar sebagai seorang yang kurang teliti, jelas terjebak dengan kondisi sulit yang almost never-ending application process.

Ini juga karena selama ini zerosugar selalu memperoleh visa untuk beberapa negara dengan mudahnya, tinggal merem, karena diurusi kantor atau sponsor. Visa Inggris rasanya sih termasuk yang suit, maksudnya sulit, kalau tidak bisa dikatakan yang paling sulit (denger2 sih visa Amrik yang paling sulit).

Pertama, aplikasi visa ke Inggris tidak bisa dilakukan secara manual, semisal naik bajaj atau taksi sambil bawa map dokumen. Pastinya kita harus melakukannya secara online. Jadi kalau anda punya koneksi internet yang slow motion, mendingan siap-siap deh ke Warnet aja, atau optimalkan koneksi black***** anda, atau ke Sna** (maaf gak boleh beriklan disini), yang penting terjamin koneksinya. Situs pertama yang sangat wajib dikunjungi adalah http://www.visa4uk.fco.gov.uk/ApplyNow.aspx . Situs ini menyediakan aplikasi online yang harus diisi, dan sewaktu-waktu dapat disimpan apabila kita memerlukan waktu lebih untuk mencari kekurangan data atau bahan lain yang akan diinput.  Pastikan anda punya alamat email (pasti dong, masa gini hari gak punya, hehe) dan nomor HP. Lengkapi semua isian aplikasi, termasuk memastikan jenis visanya. Kalau anda seorang pemohon visa untuk studi, pilihlah PBS Tier 4 (general) Student. PBS ini merupakan sistem penghitungan kredit point, dimana kalau kita mencapai point minimum yaitu 40, maka visa kita bisa dikabulkan. Penghitungan point ini ilakukan secara self assessment, alias menilai diri sendiri (lihat Appendix 8). Untuk visa student, pastikan anda mempunyai CAS statement dan surat jaminan finansial. CAS statement adalah bukti bahwa anda diterima di Universitas di Inggris, tempat anda akan belajar di sana. Biasanya dikirim lewat email, secara otomatis oleh mesin email dari Universitas. Sedangkan surat jaminan finansial, biasanya diterbitkan oleh sponsor keuangan anda, misalnya pemberi beasiswa, atau kantor anda. Pastikan bahwa surat jaminan finansial ini merinci berapa poundsterling atau berapa dollar yang akan anda terima selama di Inggris. Well kalau memang sudah niat ke Inggris, siap-siap deh ditelanjangi kocek kita.. hehehe. Nah, kalau sudah selesai dengan pengisian aplikasi, print deh tuh aplikasi, dan lanjut ke situs ke dua untuk membuat appointment. Khusus untuk pemohon visa yang sudah mendapat beasiswa, perhatikan pula Appendix 8 untuk juga di print dan diisi, untuk diserahkan bersama dengan berkas aplikasi lainnya.

Situs kedua adalah http://www.vfs-uk-id.com/ yang merupakan situs perusahaan yang menjadi pihak ketiga yang akan mengurus aplikasi visa anda, termasuk membayar sejumlah biaya (waktu saya apply sebesar Rp. 3.850.000,-). Itu sudah termasuk layanan pemberitahuan melalui sms (jadul banget yah), dan email. Jadi anda tidak bisa langsung mengurus aplikasi visa langsung ke Kedutaan, apalagi ke Dubes nya sendiri (gubrak).

Hasilnya? luar biasa, dalam 3 hari kerja sudah keluar. Pemberitahuan disampaikan lewat SMS dan email, sangat real time. Kalau masih belum ada kabar dalam 3 hari, kemungkinan dokumen yang disubmit tidak lengkap, atau ada masalah lainnya. Namun rasanya itu juga tidak mungkin, karena sebelum mensubmit dokumen, petugas VFS pasti sudah mengingatkan, kalau masih ada dokumen tertinggal. Beginilah contoh visa yang sudah keluar. Untuk kepentingan melindungi penyalahgunaan gambar berikut, maka nomor seri dan wajah disamarkan, alias ditutup… hehehe (sok penting banget ya)

Yang perlu diperhatikan, seluruh dokumen asli harus diserahkan, dari mulai pasfoto cukup satu lembar ditempel di lembar aplikasi yang sudah diprint, lalu surat rekomendasi, CAS statement (tidak mesti karena secara elektronik telah terekam di Kedubes), surat jaminan finansial, ijazah, surat nikah, kartu keluarga, dan jangan lupa seluruh dokumen berbahasa Indonesia harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (ya iyalah, masa bahasa Arab). Template terjemahan KTP, KK, dan surat nikah bisa di ambil di sini… monggo.

Ok, it’s time for preparing for the flight. Good luck to those who wish to visit UK, wishing you all the best, see you there.

One response to “Road to Brum (2): Aplikasi Visa Inggris

  1. Pingback: Persiapan dokumen aplikasi visa Inggris (untuk keluarga)… part 1 « zerosugar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s