Persiapan dokumen aplikasi visa Inggris (untuk keluarga)… part 1

Postingan ini khusus untuk persiapan aplikasi visa bagi mahasiswa (dengan masa studi lebih dari 9 bulan) yang hendak membawa keluarga ke Inggris. Sedangkan proses dan prosedur akan ada di postingan selanjutnya. Sementara untuk gambaran awal proses aplikasi bisa di lihat di postingan Visa Inggris yang sebelumnya. Nah, back to laptop, untuk persiapan dokumen visa ini beberapa hal yang perlu dan wajib diperhatikan, antara lain:

  • Pastikan anda selalu ter-update dengan setiap perubahan kebijakan UKBA (United Kindgom Border Agency), karena ternyata mereka hobby merubah ketentuan, walaupun itu cuma sekedar menaikkan harga atau deposit yang perlu dibuktikan oleh kita. Caranya? selalu memantau situs UKBA ini

  • Siapkan dokumen-dokumen utama seperti berikut:
  1. Bukti kemampuan finansial (asli), berupa print out tabungan atau rekening koran atas nama kita (student) atau yang bersangkutan (dependant) sejumlah £3,600 (Rp 54 juta) untuk setiap orang. Jadi kalau hendak membawa 1 istri dan 2 anak, maka jumlah itu tinggal dikalikan 3 saja. Bukti finansial ini harus menunjukkan bahwa saldo tersebut telah ‘menetap’ di rekening kita minimal 28 hari. PERHATIKAN: terhitung mulai 6 April 2012, deposit yang diwajibkan menjadi naik sejumlah £4,050 (atau sekitar Rp 60.750.000,-)/orang.
  2. Pasfoto ukuran 45mm x 35mm, berwarna dengan latar belakang krem atau abu-abu muda.Jangan tersungging senyum (ini serius) dan sangat disarankan tidak memakai kacamata.
  3. Paspor dan/atau visa, jika sebelumnya pernah mengunjungi Inggris.
  4. Bukti bahwa yang bersangkutan ada hubungan keluarga, seperti Kartu Keluarga (KK), dan Akte kelahiran (Birth Certificate) untuk anak-anak. Pastikan setiap dokumen yang berbahasa Indonesia harus di terjemahkan ke bahasa Jepang (?)…, hehehe, tentunya bahasa Inggris dong. Legalisir oleh penerjemah, lebih bagus yang tersumpah, atau kalau punya translator di kantor, coba saja pake stempel kantor. Contoh terjemahan silahkan klik di sini.
  5. Kalau anak anda berusia di atas 16 tahun, maka perlu cek juga ini paragraph 102 onwards of the UKBA PBS Dependants policy guidance (PDF – 360KB).
  6. Pastikan bahwa seluruh dokumen asli harus disertakan.

O iya, untuk penyampaian aplikasi itu sendiri, ditetapkan biaya pendaftaran (per orang) adalah sebesar £255 per orang, atau sekitar Rp. 3.850.000,-. Biaya ini akan meningkat jika anda mendaftar setelah tgl 6 April 2012, kemungkinan sekitar Rp. 4,3 jt an. Ini salah satu bukti mereka hobby merubah-rubah aturan, terutama masalah doku.

41 responses to “Persiapan dokumen aplikasi visa Inggris (untuk keluarga)… part 1

  1. hay salam kenal mas. boleh tanya2 ya… utk deposit ini,wajib utk semua student dr manapun temasuk yg dapat beasiswa atau khusus yang biaya sendiri. thx in advance..🙂

  2. mas gmna cara untuk mengurus ijin tinggal di inggris tuk ikut suami yang juga tinggal di sana tapi mash belm jadi warga negara sana??

  3. Salam Kenal mas, saya sudah mendapatkan beasiswa dari institusi pemerintah, tinggal apply ke universitasnya saja. Kalau dari living cost yang di berikan ke saya, ini masih ada spare sekitar 3500-4000 pounds per tahunnya. Nah apakah ini bisa di konversikan untuk menanggung deposit salah satu dependant? heee soalnya kalau dikalikan 3 dependants jumlahnya cukup banyak yaa🙂. ada tips yang berguna tak mas untuk masalah deposit ini?

    • Mas Keinan
      Coba mas cek lagi situs UKBA nya. Kalau tidak salah, setelah April 2012, per orang diwajibkan minimal mempunyai bukti saldo sekitar 60jt (mendekati GBP 4000) yang harus tersimpan selama 28 hari atau lebih. Dengan asumsi GBP 1 = Rp. 15000, (kurs ini biasa dijadikan patokan VfS pada saat kita mendaftar visa), maka uang GBP 4000 itu kira2 cukup untuk menanggung satu dependant.
      Yang penting mas punya rekening jangan diganggu (dipakai) selama minimal 28 hari (atau genapkan 30 hari), lalu setelah itu baru diprint out rekeningnya, dalam bentuk rekening koran.
      Saya waktu itu juga kekurangan saldo rekening untuk mengangkut 3 anggota keluarga. Selain jual mobil (hehehe…), saya juga minjam koperasi selama 1 bulan,agar saldo minimal terpenuhi (tips a la pns)
      Mudah2an bermanfaat🙂

      • Terimakasih atas pencerahannya mas. jadi semoga pengkalinya boleh 2 saja ya karena asumsinya yang spare dari living cost yang saya dapatkan bisa untuk menanggung biaya hidup satu tertanggung. yang 2 lainnya-alamat jual mobil juga…haaaa

      • Siang Mas,

        Untuk masalah rekening tersebut, kebetulan saya sebagai dependant (istri yang mendapat beasiswa) apakah boleh menggunakan rekening orang tua saya sebagai penjamin saya ?

  4. Mas, salam kenal. Insya Allah saya akan study di UK dgn program beasiswa. Saya ingin bertanya mengenai saat membawa keluarga (suami dan 1 anak). Tertulis di peraturan UKBA bahwa kedua orang tua harus ada di Inggris jika membawa anak.

    Yang saya ingin tanyakan, Apakah bisa bila suami dan anak saya mendaftar visa dependant, lalu setelah menetap beberapa bulan suami saya kembali ke Indonesia untuk melanjutkan profesinya dan anak saya ditinggal di Inggris bersama saya. Secara harfiah berarti yang di Inggris hanya saya dan anak saya. Apakah sudah pernah ada kenalan yang mengalami kasus seperti ini?

    Keadaannya sulit bagi saya untuk pisah dari anak (sedangkan suami tidak bisa menemai sampai saya selesai master karena pekerjaannya).

    Mohon pencerahannya. Terimakasih banyak.

    Puri

    • Mbak Puri,
      Sangat bisa mbak. Dependent visa itu akan berlaku sama dengan masa visa studi mbak. Suami mbak bebas pulang pergi ke UK dalam periode tersebut.
      Di sini dulu ada mbak Mila (PhD) yang kondisinya mirip, suaminya akhirnya pulang ke Indonesia karena alasan pekerjaan, sementara anak2ya tetap tinggal di Birmingham dengan ibunya.

      • Terimakasih banyak atas jawabannya pak.

        Alhamdulillah saya sedang proses apply visa saat ini. Ada hal yang cukup membuat saya galau, semoga bapak punya saran :

        Kami apply visa bersamaan dan menulis bahwa dependants akan berangkat bareng dengan saya sebagai main applicant.

        Namun setelah aplikasi visa masuk, ternyata karena satu dan lain hal saya harus berangkat lebih dahulu ke UK dan suami serta anak akan menyusul sekitar 3 bulan kemudian.

        Nah, pertanyaan saya apakah bapak pernah menemukan kasus petugas imigrasi UK di bandara bertanya mana dependant saya dan kenapa harus nyusul 3 bulan lagi padahal di aplikasi visa ditulis bakal berangkat bareng.

        Saya takut karena lumayan tricky pak. Siapa tahu bapak pernah ada kenalan yang cerita.

        Sekali lagi terimakasih banyak atas jawabannya ya pak.

      • Mbak Puri
        Prinsipnya setiap visitor hanya akan diperiksa dokumen terkait dirinya sendiri. Jadi saya rasa petugas imigrasi tdk akan bersusah-susah menanyakan dependent mbak, selain bertanya masalah mbak sendiri. Pertanyaan standar untuk student biasanya nama universitas, jurusan, tema atau judul tesis, tinggal dimana, dsb. Itu saya bilang standar, soalnya saya sudah 3x masuk pintu imigrasi Inggris, selalu ditanya hal yang sama🙂
        Tapi saya blm pernah mengetahui kasus yang mirip seperti mbak. Biasanya yang daftar bareng2 dgn keluarga langsung berangkat bersamaan.
        Kalau pun suami dan anak2 menyusul 3 bulan kemudian, itu pun tdk akan jadi masalah, asal perjalanan yang dilakukan masih dalam masa berlaku visa.
        Memang lumayan tricky, khususnya pas mengisi aplikasi.

  5. Salam kenal untuk Mba Ouri dan Mas Zerosugar,

    Saya dan anak akan visa sebagai dependants dari suami saya. Bagaimana cara membuat visa dependants ini ya? apakah harus buat akun aplikasi sendiri atau cukup Main Applicants (dalam hal ini suami) saja yang mengisi form.
    Selain itu, apakah fund yang harus mencukupi dari rek. tabungan sendiri atau bisa digabung dengan rek. dari tabungan suami beserta surat sponsor suami yang menyatakan akan menanggung semua biaya maintenance saya dan anak.
    selama tinggal di UK.

    Mohon pencerahannya.

    Terima kasih.

    Atika

    • Mbak Atika
      Seingat saya, aplikasi dependant juga harus membuat akun sendiri, entah kalau ada yang berubah. Mengenai dana, sebaiknya atas nama sendiri, tetapi boleh juga digabung dengan tabungan suami, dan jangan lupa lampirkan KK yang menunjukkan hubungan keluarga.

      • Mas zerosugar,

        makasih atas infonya. untuk depandant (istri dan anak), apa perlu surat dari main applicant yang menyatakan akan membiayai seluruh living expense selama disana? atau KK dan surat nikah sudah cukup?

      • Kalau dulu saya tidak membuat surat dari saya (main applicant), tapi saya lampirkan surat rincian beasiswa saya dari sponsor, tentunya KK dan surat nikah tetep disertakan

  6. Mas zerosugar, terima kasih infonya sangat berguna sekali, mas kalo mau lihat sekolah buat balita itu di web mana ya, saya rencananya mau bawa keluarga kesana sekitar january ini. Kemudian kalo agen rumah yg bagus dan menawarkan harga murah dekat kampus dimana ya mas…makasih

    • Mbak Dea
      Untuk sekolah anak, mbak harus berhubungan dengan city council. Ini link yang bisa di monitor http://www.birmingham.gov.uk/education
      Saya tidak bisa menyarankan mana agen yang bagus atau tidak, kebetulan saya tidak melalui agen. Tapi untuk urusan harga, pengamatan saya sewa rumah sekitar Aston atau Perry Bar itu relatif lebih murah (dekat kampus Aston Univ dan BCU), dibandingkan rumah di sekitar Selly oak atau Edgbaston (sekitaran University of Birmingham)

      • Wow, terima kasih buat prompt replynya. Kalo ga salah nanti kampus saya di Edgbaston, bila ambil di aston/ Perry Bar sekitar 20-25 menit pake sepeda Google map). Apakah pake sepeda cukup nyaman? Kalo mas zero punya balita? sekolahnya bisa di nursery dari 8.00-17.00 free atau bayar?Apakah di UOB sendiri ga ada nursery yg free atau bagaimana ya? Saya muslim jadi kira2 yg cocok seperti apa ya mas buat bawa 2 balita usia 4 dan 2 tahun (laki-laki dua-duanya)
        , mohon sarannya. Terima kasih

      • Kalau mbak biasa bersepeda sekitar 20-30 menit mungkin tidak jadi masalah. Sedikit catatan bahwa bersepeda di sini tidak senyaman di Belanda. Kadang ada jalur khusus sepeda, kadang kita harus memakai jalanan umum atau trotoar. Tapi masih tetap lumayan lah. Selama ini saya juga selalu bersepeda, hanya mulai semester ini memutuskan untuk langganan bis, soalnya mulai cape dan padat pekerjaannya.
        Anak saya sudah kelas 8 di GD Academy, dan kelas 4 di GD Primary School. Setahu saya nursery itu bayar, tapi nanti saya cari tahu lagi.

  7. oh iya mas zero saya sudah lihat lilian children centre yg di edgobaston kayaknya pas kalo kampus saya di edgbaston. CUman ya pembiayaannya itu yg masih samar2 hehehe. Oiya mas kalo bawa ibu kandung, trus tinggal jadi dependent apakah bisa? atau bagaimana? Terimakasih

    • Tentang ibu kandung, saya kurang yakin. Definisi dependant itu dalam UKBA yang saya temui hanya spouse/civil partner dan children. itu pun harus dibuktikan dengan dokumen yang menunjukkan hubungan kekeluargaan, misalnya KK yang diterjemahkan.
      Saya juga mengundang ibu untuk datang kesini, tapi menggunakan visa turis, dan alhamdulilah visanya sudah lolos. Pertengahan September ini sampai di Birmingham.

      • Makasih banyak ya mas, saya sudah baca paling pake visa turis ya apa yg multiple aja kali ya biar mudah kedepannya? Oiya mas kalo visa turis untk kunjungan keluarga itu bagaimana cara memperpanjangnya yaaa….dapat di KBRI sana atau bagaimana? terima kasih banyak bantuannya…..

      • Oh begitu….aduh makasih berat ya, btw saya udh request friend PPI MIB, status masih pending hiks…, oiya mas saya masih nunggu LOA dari univ, secara prinsipil sih diemail supervisor sudah lampu hijau….masih harap-harap cemas hehehe…tapi ya udah di usahakan saja cari info maksimal…..oiya mas ada temen yg kuliahnya di food science atau food safety, please kalo ada inbox dong, mau konsul kuliah juga…terima kasih banyaaak….

      • Terima kasih banyak mas. Juga yang temen saya Rizki Irawati ya mas, dia mau berangkat akhir bulan ini juga masih bingung cari akomodasi….once again thank a looot….

  8. salam kenal mas Zero Sugar, saya Supra Anggreni, mahasiswi baru di University of Birmingham, dan baru 1 bulan tinggal di Birmingham. Rencana nya bulan Januari 2015 ini suami saya akan tinggal di Birmingham juga sebagai dependent saya, karena nanti sy akan melahirkan di sini😀.

    Oh iya mas, saya lagi bingung nih, kata teman suami saya, saya perlu membuat surat undangan dari Inggris yang ditujukan ke Konsulat Inggris di Jakarta yang menyatakan saya mengundang suami saya untuk menemani saya karena saya lagi hamil? apakah saya perlu membuat surat undangan tersebut?

    Terima kasih banyak mas.

  9. Skam kenal mas, saya ingin minta saran ,tips dan trik. Insya allah saya akan menikah dgn calon saya yang akan melanjutkan kuliah di uk. Dan ad yg blg jika ikut menemani suami kuliah d LN istri baru bisa menyusul 6 bulan setelah suami berada di uk. Jadi saya hrs melakukan perjalanan ke inggris sendirian tanpa suami. Tapi bahasa inggris saya blm fasih atau dibawah rata. Tidak seperti calon suami saya. Krn ini utk kali pertama ,jadi saya trfikir bgmn tips ketika dperjalanan agar sampai dgn aman dan slamat walau kita tdk fasih berbahasa inggris?

    • Mbak Fiyah
      Mbak bisa datang bersamaan dengan suaminya ke UK, tidak harus menunggu 6 bulan. Kecuali kalau mbak dan suami memang merencanakan seperti itu.
      Tidak ada persyaratan untuk menguasai bahasa Inggris untuk datang kesini, terutama yang dependant.
      Jadi tidak ada tips khusus untuk itu, selain melengkapi seluruh dokumen perjalanan yang diperlukan. Mungkin itu yang bisa saya jawab.
      Semoga bermanfaat, dan selamat datang di Inggris🙂

Leave a Reply

