Ramadhan di Inggris

Tidak terasa dalam hitungan hari kita akan memasuki bulan suci ramadhan. Bagi kaum muslimin, tentu bulan ini bulan yang ditunggu-tunggu, karena berkah dan suasananya yang tidak tergantikan di bulan-bulan biasa. Bagi pedagang dan pebisnis? tentu ini juga bulan panen yang ditunggu-tunggu,… tidak terkecuali di Birmingham. Dengan populasi diaspora yang cukup signifikan, Birmingham telah menjelma menjadi kota internasional dengan beragam etnis, budaya, bangsa dan tentunya beragam agama. Muslim di Birmingham pada prinsipnya bisa menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya tanpa terganggu oleh ritme hidup kota Birmingham yang tidak islami.

Bagi zerosugar, menjalankan ibadah puasa kali ini akan terasa berbeda, karena jatuhnya pas musim panas, di mana waktu subuh akan berdentang dipukul 02.30 dini hari dan magrib muncul setelah pukul 21.30 malam. Hmmm…, panjang juga ya. Memang pengalaman puasa di negeri orang juga pernah dilalui sewaktu masih tinggal di Tokyo yang (untungnya!) saat itu berlangsung di musim dingin di mana durasi siang hari sangat pendek, sehingga tantangan secara fisiknya relatif lebih ringan. Oke lah, perbedaan durasi memang signifikan, tetapi yang jauh terasa kehilangan bukan di durasinya, namun suasana puasa yang sudah pasti tidak sesemarak di tanah air. Jajanan pasar di Benhil atau di depan komplek rumah pasti akan selalu menggoda kita sewaktu menjelang buka, atau keramaian sholat tarawih berjamaah, sangat membangun suasana ramadhan yang syahdu. Pun dengan hiruk pikuk mudik dan lebaran, pasti menambah cerita indahnya bulan suci.

Tentu zerosugar akan sangat merindukan seluruh nuansa ramadhan yang hanya bisa dinikmati di tanah air. Menitikkan air mata, teringat keluarga, handai taulan semua, dan saat ini masih terlena dengan dosa dan kesalahan yang pernah dan selalu diperbuat.

Marhaban Yaa Ramadhan.

Birmingham, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s