Mengurus sekolah anak (primary school) di Birmingham Inggris

Bullring, ikon kota Birmingham

Membawa serta keluarga untuk tinggal di Inggris berbuah konsekuensi tersendiri, khususnya bagi yang mempunyai anak usia sekolah. Memang pendidikan dan kesehatan (relatif) gratis di sini, karena kebijakan dasarnya memang memberi perlindungan dan hak dasar pendidikan dan kesehatan bagi warganya. Banyak yang kemudian bertanya, bagaimana cara mengurus sekolah anak-anak kita di sini. Berikut adalah gambaran umum bagaimana proses dan prosedur yang harus ditempuh oleh kita, baik di Indonesia, maupun setibanya di Inggris.

Masa belajar di mulai sejak bulan September untuk setiap tahunnya. Sedangkan penerimaan siswa dilakukan kira-kira setahun sebelumnya. Jadi jika kita hendak memasukkan anak ke sekolah di Inggris, sebaiknya harus sudah menyiapkan diri setahun sebelumnya. Selama itukah? well, tidak juga, bagi kita sebagai non-British citizen, tentu ada pengecualian. Dengan waktu yang cukup reasonable, kita diperbolehkan untuk mendaftar, walaupun terlambat karena persoalan imigrasi, timing kedatangan ataupun persoalan lainnya.

Mengurus ijin perpindahan di Indonesia

Ada baiknya kalau kita jauh-jauh hari sudah memberi informasi ke pihak sekolah, kalau kita hendak pindah ke luar negeri, sehingga guru dan wali kelas khususnya sudah mempersiapkan dokumen (semisal rapot dan surat keterangan pindah) dengan waktu yang cukup. Ada kemungkinan pihak sekolah tidak menyediakan terjemahan dari dokumen tersebut. Oleh karenanya ada baiknya kita mempersiapkan terjemahan surat-surat dan meminta sekolah untuk menanda tanganinya. prinsip pindah sekolah di Indonesia mengikuti kebijakan rayonisasi/regionalisasi, sehingga pengantar pindah dari sekolah asal akan dibuat untuk ditujukan ke UPT pendidikan di kecamatan dan Dinas Pendidikan di tingkat kota atau kabupaten. Prosedur ini ditempuh untuk perpindahan antar rayon. Bagaimana dengan proses pindah ke luar negeri? Ternyata tidak ada prosedur baku selain yang tadi.Ya setidaknya siapkan seluruh dokumen dalam versi bahasa Inggrisnya, hanya untuk jaga-jaga.

Mengurus sekolah di Inggris

Pendaftaran sekolah (primary school) di Inggris dilakukan secara online dan manual. Pertama yang harus anda lakukan adalah mencari pilihan sekolah yang ada di sekitar tempat tinggal anda, misalnya within 5 miles. Pastikan bahwa sekolah tersebut negeri kalau anda ingin sekolah gratis. Daftar sekolah bisa dengan mudah di googling. Hanya perlu diingat keywordnya bukan “public school”, karena di inggris istilah itu berarti sekolah swasta yang berbayar mahal. Jadi kalau nemu sekolah dengan istilah public school apalagi Clarendon school, itu berarti sekolah berbayar. Barangkali schoolswebdirectory ini bisa membantu mengidentifikasi mana yang berbayar dan mana yang gretongan.

Setelah pemilihan sekolah (pilih yang sedekat mungkin dengan rumah kita), baru kita masukan aplikasi sekolah ke City Council. Formulir aplikasi bisa didownload di situs School Admission. Print form aplikasinya, lalu isi selengkap mungkin, sertakan minimal dua dokumen yang diperlukan, yaitu (1) copy surat kontrak apartemen/rumah atau bukti tempat tinggal kita, (2) tax exemption (atau biasanya bisa dengan surat keterangan dari kampus yang menerangkan kita mahasiswa), lalu segera poskan. Dalam waktu 2-3 minggu (kalau beruntung 1 minggu) akan ada kabar dari City Council yang memberikan referensi/rekomendasi sekolah yang harus dituju.

Setelah dapat surat sakti dari City Council, barulah kita bisa melakukan daftar ulang di sekolah, dengan membawa dokumen yang mutlak harus disiapkan antara lain:

  1. Paspor anak dan fotocopynya (sertakan copy lembar visa tentunya)
  2. Akta kelahiran beserta terjemahannya (catatan: akta yang diterbitkan Pemda DKI biasanya sudah bilingual). Kalau memerlukan contoh terjemahan akta kelahiran bisa di klik di sini.
  3. Nomor atau bukti kepesertaan asuransi kesehatan NHS (National Health Insurance), semacam jamkesmas dari pemerintah Inggris untuk warga (termasuk non-warga yang mukim) yang sifatnya “hampir” wajib. Penjelasan NHS mungkin diposting di lain waktu dan tempat.
  4. Surat pengantar dari city council yang menyebutkan nama sekolah yang dituju, nama anak, dan nomor siswa (pupil number). Tanpa surat ini, maka sekolah tidak akan menerima pendaftaran kita.

Sedangkan dokumen tambahan untuk jaga-jaga, karena setiap sekolah mempunyai kebijakan yang berbeda, ada baiknya anda persiapkan dokumen rapot atau surat keterangan dari sekolah asal, seperti yang dipaparkan di atas sebelumnya.

Nah, kalau semua sudah siap, bersegaralah mengontak sekolah yang dituju, atau lebih baik langsung mendatanginya, sekalian untuk mengenal dan orientasi lapangan.

Selamat belajar !.

2 responses to “Mengurus sekolah anak (primary school) di Birmingham Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s