Bekerja di Inggris

Berminat mendapatkan poundsterling (tambahan) di Inggris? Jika kita (yang student) berniat untuk bekerja di Inggris, beberapa yang perlu diperhatikan adalah asuransi kerja (National Insurance atau NI) dan pajak penghasilan. Namun sebelumnya perlu dipastikan bahwa kita mempunyai working permit yang tertera di visa kita. Jadi seandainya di visa kita tidak tertera working permit, rasanya sulit bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan (legal). Nah kalau sudah tidak ada masalah dengan working permit, mari kita lihat secara singkat tentang NI, pajak dan gaji minimum yang berlaku di Inggris.

National Insurance (NI)

Pemerintah Inggris akan melakukan pengurangan dari penghasilan kita untuk National Insurance (NI), yang akan digunakan untuk mendanai state welfare system (sistem kesejahteraan) seperti asuransi kesehatan (NHS) dan keuntungannya. Jika penghasilan kita mencapai £146 per minggu, maka jumlah ini sudah masuk kategori kena pajak dan akan dikurangi untuk NI. Dalam hal ini kita gak bisa mengklaim pengurangan ini.

Setelah kita mendapatkan kepastian kerja, yang dibuktikan oleh misalnya surat kontrak kerja (employment contract), maka kita diwajibkan untuk mendaftar National Insurance (NI) number.

Caranya adalah dengan menelepon the JobCentreplus National Insurance Number Allocation Office di nomor 08456 000643. Kita akan diberikan beberapa pertanyaan seperti detail personal kita, pemberi kerja (employer), dan kemudian akan diharuskan untuk mengikuti atau menghadiri pertemuan di cabang the Jobcentre Plus. Di sana kita akan diminta membawa bukti dokumen yang akan mereka cek lagi.

Hanya saja prosedur ini akan memakan waktu berminggu-minggu, jadi selama prosesnya belum selesai kita masih diperbolehkan bekerja dengan menggunakan nomor NI sementara (temporary NI number). Nomor ini bisa didapat dari pemberi kerja atau perusahaan tempat kita akan bekerja. Jika tidak bisa, maka kita (khusus yang mahasiswa University of Birmingham) bisa kontak the Job Zone  atau the Advice and Representation Centre (ARC) untuk keterangan lebih lanjut.

Informasi lebih lanjut mengenai National Insurance bisa menghubungi the National Insurance Enquiry Line: 0845 302 1479.

Pajak

Setiap orang yang bermukim di Inggris, termasuk mahasiswa, diwajibkan untuk membayar pajak atas penghasilan mereka. Institusi pemerintah yang menangani perpajakan ini bernama the Inland Revenue. Jumlah pajak yang harus dibayarkan sangat tergantung dari seberapa besar penghasilan kita. Prinsipnya pajak akan dibayarkan oleh sang pemberi kerja atau perusahaan tempat kita bekerja, yang akan dikurangkan dari gaji yang dibayarkan kepada kita (istilahnya ‘PAYE’- pay as you earn). Tapi tidak perlu khawatir, karena pengurangan atau deduction akan ditampilkan dalam slip gaji kita, mudah kan?

Setiap orang dewasa berhak mendapatkan tunjangan yang disebut ‘Personal Allowance’ yaitu sejumlah penghasilan yang tidak kena pajak setiap tahunnya. Untuk tahun fiskal April 2012 sampai April 2013 adalah sejumlah £8105 dalam setahun.

Jadi jika penghasilan kita melampaui angka di atas antara April 2012 dan April 2013, maka sudah pasti akan dikenakan pajak.

Jika pemberi kerja atau perusahaan tempat kerja kita mengenakan pajak (dengan catatan melampaui personal allowance dalam setiap minggu atau bulannya) tetapi tidak melampaui personal allowance dalam satu tahun pajak (£8105), maka kita bisa mengklaimnya kembali ke  the Inland Revenue.

Sedangkan jika kita hanya berniat kerja selama liburan dan tidak akan mencapai penghasilan di atas personal allowance (£8105) dalam satu tahun fiskal, maka kita harus meminta P38(S) form dari pemberi kerja atau perusahaan tempat kita kerja, sehingga penghasilan kita tidak akan dikenakan pajak.

Informasi lebih lanjut mengenai pajak penghasilan ini bisa dengan mengunjungi the HMRC income tax atau telepon Income Tax enquiries  di 0845 302 1437.

Gaji Minimum

Pekerja di Inggris mempunyai batas gaji minimum yang disebut National Minimum Wage, yang ditentukan oleh pemerintah. Ini adalah batas gaji minimum yang legal yang harus dibayarkan oleh pemberi kerja, berdasarkan usia, sebagai berikut:

Per 1 Oktober 2011,  gaji minimum untuk pekerja berusia 21 tahun atau di atasnya ditentukan sebesar £6.08 untuk setiap jamnya.

Per 1 Oktober 2011,  gaji minimum untuk pekerja berusia antara 18 – 21 tahun atau di atasnya ditentukan sebesar £4.98 per jam.

Sedangkan gaji minimum untuk pekerja berusia 16 – 17 tahun adalah £3.68.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi laman the HMRC national minimum wage atau kontak the national minimum wage helpline di  0800 917 238.

Semoga bermanfaat.

<diterjemahkan dari web UoB, artikel asli klik di sini>

11 responses to “Bekerja di Inggris

  1. hai mas zerosugar, sya mendapat beasiswa sekolah PhD 4thn di cardiff dan berencana membawa suami dan bayi saya. apakah suami sya bs mencari pekerjaan part-time disana? pekerjaan jenis apa saja yg bs? terimakasih ya

    • Mbak Bahanawdanti yang baik,
      Selamat bergabung di komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di Inggris. Tentu saja suami mbak bisa mencari pekerjaan part time. Saya kira nanti di Cardiff juga banyak tersedia pekerjaan part time. Tentunya sifat pekerjaannya lebih banyak yang bersifat kerja fisik. Untuk pekerjaan yang relatif lebih permanen tentu dibutuhkan visa kerja (bukan visa dependent). Untuk sementara, yang paling mudah adalah suami mbak coba cari info lowongan di kampus mbak. Biasanya banyak tersedia part time job untuk mahasiswa dan non-mahasiswa, apalagi summer ini. Selanjutnya juga coba cek situs pemerintah kota Cardiff, yang biasanya memberikan informasi berguna mengenai lowongan kerja. Jangan lupa untuk mendaftar insurance number sebagai persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan.
      Sukses ya mbak.

  2. Permisi mas Zerosugar,
    saya ada rencana untuk apply beasiswa di Newcastle University mas.
    nah dari pihak kampus, saya diminta untuk mencari sponsor dana untuk mensupply kebutuhan hidup saya disana (rent House, Daily needs) dan pihak sponsor yang saya datangi, meminta perhitungan semua perkiraan pengeluaran disana.

    seandainya saya berhasil menerima beasiswa tersebut, bisakah saya sembari bekerja?
    dan seandainya saya bekerja, pekerjaan apa yang cocok untuk saya, sebagai seorang mahasiswa?

    dan menurut pengalaman mas yang tinggal disana, cost of living di sana berapa yah mas per month nya? hehe

    terimakasih atas waktunya mas. mohon maaf banyak nanya hehehe..

    God bless.

    • Mas Yosua yang bersemangat,
      Bisa sekali mas, nanti visa student mas akan memberikan ijin bekerja part time, tidak melebihi 20 jam per minggu nya (kecuali peraturan UKBA nya berubah).
      Jenis pekerjaan yang cocok bisa dari yang kelas kerah putih, misalnya teaching staff dan exam invigilator (biasanya hanya untuk PhD student) atau librarian, sampai yang kelas kerah biru, misalnya cleaner, loper, atau Christmas casual worker dsb.
      Mengenai berapa living cost per bulan, saya boleh asumsikan untuk bujangan per bulan minimal sekitar £800-an lah.
      Mudah-mudahan bermanfaat🙂

      • Oh gitu yah mas, makasih mas atas jawabannya.
        dan sedikit pertanyaan lagi mas😀

        Menurut info yang saya dapatkan dari:
        https://www.gov.uk/national-minimum-wage-rates

        disitu dijelaskan pembayaran untuk umur 21 and over perjamnya adalah £6.31 (2013 Current rate)
        nah seandainya dikalikan dengan 20jam/minggu (sesuai info mas di atas), lalu dikalikan lagi untuk satu bulan (4 minggu), maka kira-kira income yang akan saya dapatkan adalah “£504.8”

        dan pertanyaan saya adalah, apakah bayaran minimum wage itu diberlakukan oleh pemerintah disemua tempat pekerjaan? atau hanya tempat-tempat tertentu?

        karena seandainya diberlakukan disemua tempat pekerjaan, pendapatan “£504.8” mungkin tak akan cukup untuk membiayai living cost saya disana mas, yang mas bilang itu sekitar £800-an.

        Karena ternyata Sponsor yang ingin men-support saya disana, hanya men-support biaya perkuliahannya saja, untuk living cost saya, saya harus cari sendiri mas.

        terimakasih mas, mohon maaf sekali lagi, kalo jadi banyak nanya. maklum belom ngerti apa-apa tentang negeri orang mas, mohon dituntun ke jalan yang benar😀

      • Mas Yosua
        Itulah mengapa disebutnya part time job, karena ijin kerja atau working permitnya dibatasi, kecuali kalau visa mas itu visa kerja, bukan visa student.
        Biasanya minimum wage itu untuk jenis pekerjaan ‘fisik’ seperti cleaner, dsb. Teaching staff dengan tugas memimpin diskusi kelas bisa dibayar £28-an per jam, atau memeriksa dan menilai satu paper bisa dihtung bekerja 35 menit.
        Memang agak sulit kalau memaksimalkan 20 jam kerja dengan jenis pekerjaan yang bayarannya rendah, tetapi kesempatan mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tinggi juga tidak banyak.
        Di sisi lain sebagai student kita juga disibukkan dengan tugas perkuliahan yang tidak sedikit.
        Saran saya jangan menggantungkan living cost 100% dari part time job. Walaupun biaya £800 per bulan itu sangat relatif, karena bisa saja seseorang mampu bertahan di £600, misalnya, who knows.
        Tetap semangat.

  3. ohgitu ya mas, baiklah mas Zerosugar.
    terimakasih banyak sudah mau menyempatkan waktunya untuk membalas pertanyaan-pertanyaan saya yang banyak itu, hehehe.
    Jawabannya sangat jelas dan memuaskan rasa ingin tahu saya.

    terimakasih sekali lagi mas,

    God bless🙂

  4. Hi sebelumnya saya mau bertanya apakah dengan visa pelajar saya masih bisa kerja part time saat belajar S2 di Inggris nanti?
    Lalu apa saja syarat supaya bisa mengubah kewarganegaraan menjadi British Citizen? Dan apa saja pekerjaan dengan gaji tertinggi untuk lulusan S2? Terima kasih

    • Dengan kemenangan kampanye Brexit bulan Juni kemarin, sepertinya akan ada beberapa perubahan aturan keimigrasian. Kalau dulu, setiap pelajar biasanya diberi batas maksimal 20 jam per minggu. Coba dicek di visa yang mbak dapat, biasanya tertulis ijin kerja berapa jam per minggu nya. Kalau tidak ada, berarti mbak tidak diijinkan melakukan part time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s