Cara Menjawab Hi, you alright?

Orang Inggris (Birmingham) pada umumnya dingin dan kurang ramah. Begitu anda tiba di Birmingham, sapaan aneh pertama kali yang akan anda dengar dari seorang native-British adalah “hi, you alright?” (tanpa “are”) atau “are you alright?”. Kedengaran seperti bentuk perhatian berlebihan, padahal anda baru pertama kali ketemu, dalam keadaan sehat walafiat, tidak dalam kondisi terjatuh (terpeleset jungkir balik, untuk mendramatisir) atau mengalami kejadian kecelakaan apapun.

Pertama, itu adalah greeting atau sapaan biasa sebagai bentuk keramahan (atau sebenarnya tidak ramah juga) kepada orang yang baru ditemui.  Jadi anda hanya sunah menjawab (tidak sampai wajib). Cukup bilang (dengan sdikit bohong juga tidak apa2), yeah I’m fine atau I’m okay. That’s more than enough. Tidak perlu in return menanyakan hal yang sama ke mereka. Bagaimana pun itu hanya bagian dari basa-basi.

Kedua, ada peribahasa “when in Rome do as the Romans do“, jadi tidak perlu sampai melecehkan bahasanya, karena justru kita yang harus beradaptasi dengan kebiasaan bahasa setempat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s