Layanan Kesehatan Gratis di Inggris

Dua layanan publik yang gratis disediakan pemerintah Inggris adalah kesehatan dan pendidikan. Tentunya dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Layanan kesehatan dari GP maupun hospital merupakan layanan yang sangat terjangkau bagi setiap student atau penduduk dengan kategori low-income yang bermukim di Inggris.

Layanan Kesehatan Gratis

Fasilitas kesehatan dasar di Inggris pada dasarnya gratis. Setelah anda menetap di Inggris, segera untuk mendaftarkan diri anda di GP (General Practitioner), semacam klinik atau Puskesmas terdekat dengan tempat tinggal anda. Biasanya anda akan diminta mengisi 2 jenis formulir yaitu formulir peserta GP dan formulir NHS.

Dengan status terdaftar, maka anda akan mendapatkan layanan kesehatan cuma-cuma. Apablia anda sakit, anda harus membuat perjanjian (making appointment) dengan GP anda lewat telepon. Ini artinya anda tidak bisa langsung datang ke GP apalagi ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Di luar prosedur itu, dalam kondisi gawat darurat, anda bisa telepon ke 999 untuk mendapatkan layanan ambulans atau mendatangi walk-in centre terdekat untuk mendapatkan perawatan segera tanpa appointment terlebih dahulu.

Membeli Obat dan lainnya

Walaupun layanan kesehatan di atas gratis, untuk pembelian obat, pembelian kacamata, serta perawatan yang bersifat kosmetik (pemutihan gigi dll) ternyata tidak gratis… kecuali kalau anda memang dinyatakan tidak mampu, alias di bawah garis kemiskinan… hehehe. Dalam hal ini student masuk kategori tidak berpenghasilan, jadi digolongkan low-income.

Ada fasilitas yang memberikan bantuan biaya kesehatan untuk yang masuk kategori tersebut di atas yaitu formulir HC1. Keterangan untuk bantuan pembayaran resep, perawatan mata dan atau gigi bagi yang merasa ‘low income’ bisa menjenguk laman NHS ini.

Untuk permintaan form HC1 di wilayah England bisa di klik di sini. (Ingat, hanya bisa diminta setelah anda tinggal di Inggris/England dan punya alamat yang jelas).

Note 1. Setelah anda terdaftar di GP dan mendapatkan nomor NHS beberapa minggu kemudian, sangat disarankan (strongly recommended) untuk segera mengisi formulir HC1 ini, tanpa perlu menunggu sakit dahulu serta bayar obat duluan. Karena proses refund akan lebih rumit dan memakan waktu berbulan-bulan.

Sedangkan bagi yang tinggal di luar England, seperti Scotland, anda dapat download dan print HC1.  Pastikan anda mengisi dan mengirim semua halaman formulir. Anda juga bisa mendapatkan formulir HC1 di community pharmacies, GP practices, Citizens Advice Scotland offices  dan Job Centre Plus office. Adapun penduduk Wales, anda bisa mendapatkan formulir dengan menelepon 0845 6031108 (pilih opsi for health publications).  Stok formulir biasanya juga bisa didapat di Jobcentre Plus offices, NHS hospitals, dentists dan opticians.

Semoga bermanfaat

#sumber : pengalaman pribadi dan laman nhs.uk

3 responses to “Layanan Kesehatan Gratis di Inggris

    • Iya mas, ini juga berlaku untuk seluruh warga asing yang memegang visa student atau menetap, dengan catatan masuk kategori low-income…🙂
      Bukan cuma Inggris, tapi di negara lainnya, seperti pengalaman saya di Jepang 2 tahun, juga mendapatkan fasilitas kesehatan gratis yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s