Tips Beasiswa Luar Negeri

Pergilah menuntut ilmu sampai ke negeri Cina. Pepatah yang entah katanya juga hadits ini tergiang sejak kecil, dan seakan menjadi mantra motivasi bagi zerosugar untuk bermimpi sampai ke negeri Cina. Hmmm.. bagi sekelompok kecil orang, bepergian ke luar negeri adalah hal yang biasa, tapi bagi zerosugar, yang berasal dari golekmah*, tentu ini seperti mimpi di siang bolong.

Banyak jalan menuju Roma, begitu katanya, (kok pepatah melulu ya)…, sebagian mencari jalan untuk bisa bepergian dengan bekerja (keras) tentunya, sebagian lainnya dengan cara gratisan…  apa mungkin? tentu saja mungkin, dengan bermodalkan kapasitas otak dan keberuntungan, dan sedikit bumbu doa tentu semuanya menjadi mungkin. Beasiswa bisa menjadi jalan yang akan memberikan kesempatan luas kepada kita untuk membuka cakrawala dunia.

Di Indonesia, banyak terbuka kesempatan beasiswa yang dibuka untuk umum, mahasiswa/dosen dan pegawai negeri. Kategori umum biasanya mencakup para penggiat LSM, jurnalis, aktivis, karyawan swasta dsb. Beasiswa populer yang menyasar kelompok ini antara lain adalah Ausaid, Chevening, Sampoerna Foundation, juga mungkin Fulbright dan beasiswa lainnya. Sementara kelompok mahasiswa dan dosen selain beasiswa yang disebutkan sebelumnya, juga mereka mendapat privilige untuk mendapatkan kesempatan meraih beasiswa dikti. Nah, kalau anda seorang pegawai negeri, maka kesempatannya bisa lebih luas lagi, karena ada beberapa skema beasiswa yang memang dikhususkan untuk kelompok ini, contohnya seperti Mombukagakusho dari pemerintah Jepang, ADB, The World Bank dll.

Berikut ini zerosugar ingin berbagi tips memenangkan beasiswa dan menyingkirkan kompetitor pemburu beasiswa dengan mudah:

  1. Berdoa. Tentu ini sisi transenden yang tidak bisa dipinggirkan, tapi bagi yang tidak percaya Tuhan (hak asasi lah), itu silahkan saja mengabaikan poin pertama ini.
  2. Persiapkan bahasa Inggris dengan baik. Optimalkan kesempatan kursus atau membaca buku. TOEFL iBT atau IELTS dengan skor yang meyakinkan. Pengalaman zerosugar, IELTS relatif lebih mudah dilalui, karena kita berinteraksi langsung dengan orang, sementara TOEFL iBT kita berhubungan dengan komputer.
  3. Jika anda seorang p**, p******** atau anda tinggal di I******** *****n T****, maka zerosugar bisa meyakinkan anda akan mampu memenangkan beasiswa ke luar negeri dengan kemungkinan di atas 90%. Kenapa tidak 100%?, karena zerosugar masih meyakini adanya elemen takdir dan ketetapan Tuhan🙂

Tapi uppss, tips nomor 3 tidak bisa di buka di ruang publik, karena ini murni didasarkan pada analisis dan pengalaman zerosugar sendiri selama berburu beasiswa, yang barangkali kurang berkenan bagi sebagian pihak.
Bagi yang berminat dengan tips terakhir ini silahkan tinggalkan komen dengan menyertakan emailnya. Email anda tidak akan muncul di laman ini, jadi tetap aman dari ancaman scam. Nanti segera akan zerosugar kirim tips yang nomor 3 itu secara japri. Free of charge kok🙂.
Akhirnya, selamat berburu beasiswa dan sukses selalu.

* golekmah, bukan berarti “sudah tergolek, lemah pula”, tapi istilah jadul di media baheula, singkatan dari golongan ekonomi lemah

98 responses to “Tips Beasiswa Luar Negeri

  1. mas blog nya saya bookmark lho, kalau universitas ekonomi yang bagus di inggris apa ya?, maunya sih jurusan ekonomi syariah (Islam Finance).
    one pound fish heboh gak disana

    • Monggo silahkan mas, makasih sudah mampir, sepanjang pengetahuan saya kalau ekonomi,yang masuk jajaran top itu di LSE (London School of Economics & Political Science), tapi kalau yang khusus syariah agak sedikit info yang saya punya, Coba mas googling Durham University dan University of Leeds, ada jejak penelitian ekonomi syariah di sana.
      One-pound fish heboh sesaat, itupun di dunia maya🙂

  2. halo mas… boleh tau syarat yang ketiga ga? trus saya mau banyak nanya boleh ya?? suamiku dan aku ingin sekali untuk menetap disana… tp kendala di biaya. hehe.. mas ada info beasiswa tapi untuk audio engineer gak dan full beasiswa.. sudah googling kebanyakan gak full, sedangkan biaya kuliahnya saja mahal.hehe.. apalagi saya dan suami saya hnya lulusan SMA. tetapi insyaAllah di bahasa sudah lumayan… alhamdulillah… dan pengalaman di audio engineer nya juga sudah sejak lulus SMA 5 tahun yang lalu.. cuma ya itu mas kendala nya karena minim nya biaya dan kita pasangan muda yg masih merintis.. suami saya belum punya sertifikat di bidang audio engineer ini.. mohon info dan bantuannya ya.. saya pingin konsultasi dan tanya2 lewat mana ya mas kalo boleh?trims

    • Untuk tips, silahkan cek emailnya.
      Sebetulnya peluang beasiswa yang saya maksud lebih banyak untuk S2 ke atas. Sayangnya beasiswa untuk lulusan SMA saya tidak punya info yang cukup. Walaupun banyak beasiswa yang disediakan oleh universitas, rata-rata beasiswa itu hanya berupa diskon tuition fees yang disesuaikan dengan prestasinya, sementara allowance untuk living cost dsb tidak termasuk.
      Catatan lain bahwa lulusan SMA dari Indonesia tidak bisa langsung melanjutkan kuliah di universitas di Inggris, karena harus mengikuti foundation lebih dahulu.
      Dengan senang hati menjawab setiap pertanyaannya, lewat blog, sosial media atau email.

  3. Wah sesama unpad… salam kenal kang…
    kalo saya pegawai swasta dan bukan pns atau dosen sepertinya agak susah ya mendapat beasiswa master ke luar?
    dan jurusan yg saya inginkan MSc Food Consumer Marketing and Product Development, beasiswanya hampir tidak pernah ada saya cari dan tunggu.
    Ada di UK di Sheffield Hallam University, bagaimana kualitas universitasnya? Insyaalloh biaya kuliah ada biaya (seandainya ga bs beasiswa) tapi ga sanggup untuk biaya hidup dan tempat tinggal. Bagaimana kira2 biar bisa sambil bekerja? krn saya lihat biaya kuliahnya saja 12500 euro mahal sekali.
    Makasih…..

    sebenarnya ada di jerman yang mengadakan jurusan yg sama (yg di jerman tuition feenya free) namun ada beberapa materi yang disampaikan dalam bahasa jerman, saya agak kurang pede sepertinya mampu menguasai jerman dengan lancar (blm dicoba sih hehehe)

    makasih2…

    • Salam kenal juga🙂
      Sebetulnya rata-rata universitas di sini menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing, tapi ya memang hanya berupa diskon berapa persen, tergantung prestasi kita, atau kalau memang beruntung bisa maksimal 100% dari tuition fee. Sayangnya allowance untuk living cost tidak termasuk di dalamnya.
      Mengenai kualitas, saya tidak bisa menjawab, sebaiknya lihat di university guide, in link nya http://www.thecompleteuniversityguide.co.uk/sheffield-hallam
      Rata-rata biaya kuliah untuk ilmu sosial itu sekitar £ 11,000 – 15,000 per tahun.
      Tentang peluang kerja cukup terbuka, karena biasanya di visa student biasanya tertera ijin kerja 20 jam per minggu.

  4. Mas yang ketiga tolong kirim yaa… , really need that’s tips, terima kasih banyak atas kebaikan hatinya🙂

  5. Mas aku juga mao donk
    tips ketiga
    Benar” mao aku berubah hidup saya niii
    Tolong ya kirim ke email sy
    Mas tau gak cara urus visa working?

  6. Assalamualaikum, boleh minta tips ketiga nya mas? Saya minat banget lanjut studi ke UK, terima kasih banyak🙂

  7. Assalamualaikum. wrwb. semoga sehat, selamat dan sukses tuk Kang zerosugar sekeluarga.. Salam kenal..Informasi yang bermanfaat… Wassalamualaikum wrwb.

  8. assalammualaikum…
    Mas terima kasih atas motovasi2nya dan ceritanya di uk
    Kalau sampeyan ada waktu tolong bagi saya tip yang ke 3 ya

    Matur nuwun

  9. tips nomor 3 apa?😉
    kalo apply beasiswa tuh harus sudah diterima di universitas yg dituju ya? maklum awam, tapi pengen hehe

  10. mas permisi, boleh minta tipsnya yang ketiga?
    oya mas kalo boleh saya tau mas ini saat menerima beasiswa di jepang dan inggris sedang berprofesi sebagai apa?
    terima kasih🙂

  11. permisi,,
    mas,, boleh minta tips yang ketiga?
    oya mas klo lulusan d3 bisa melanjutkan kuliah di luar negeri? kalo di Inggris gimana mas?
    lalu waktu menerima beasiswa kan mas profesinya pns, perizinan kuliahnya gimana mas, boleh tau?tugas belajar, izin belajar, cuti, atau lain-lain?
    terimakasih banyak mas,,🙂

    • Mbak Evi,
      Silahkan cek emailnya. Lulusan D3 bisa melanjutkan kuliah di sini. Persoalannya tidak semua universitas mengenal jenjang D3 ini. Ada satu-dua universitas yang menyetarakan D3 dengan S1, Kebetulan saya tugas belajar, dan mengikuti prosedur tugas belajar yang ditetapkan..
      Semoga bermanfaat::D

  12. Assalamuailaikum Zero Sugar,

    Saya sangat tertarik untuk kuliah dan tinggal disana. Sepertinya tips no 3 adalah salah satu jalan keluarnya. Boleh saya di share.
    Insya Allah bulan Juni ini saya akan ke sana, selain mau berlibur saya juga ini melihat2 kesempatan untuk bisa tinggal disana.

    Ditunggu pencerahannya ya mas..

  13. Assalamu’alaikum Mas zero sugar..salam kenal ya, info nya bagus sekali.
    Saya tertarik melanjutkan S2 mechanical engineering di Inggris (newcastle, birmingham ato teesside..masih sedang dipelajari) … saya dosen PNS

    Mas zero sugar, tolong email tips yang ke – 3 ya ? trims.

    Salam,

  14. pak saya sedang mencari gambaran beasiswa ke Inggris untuk s2, meskipun masih 3 tahun lagi, tapi saya ingin memotivasi diri saya untuk lebih yakin melanjutkan study ke Inggris. mohon share tipsnya ya. terimakasih.

  15. Terima kasih atas informasi yang penting dan luar biasa ini. Saya mohon dapat diberikan informasi untuk tips nomor 3. Terima kasih.

  16. Saya harap saya juga bisa mendapatkan tips yang ketiga. tapi jurusan yang saya ambil berkaitan dengan sastra jepang. kalau bisa, saya ingin tahu informasi tentang jurusan sastra jepang dan Inggris di kedua negara ini. terima kasih….

    • Mbak Fairy
      Di UoB ada Department of English, sementara di BCU ada Japanese literature untuk BA. untuk jelasnya bisa di google saja. Saya tidak punya referensi spesifik untuk jurusan bahasa di kedua negara, maaf.🙂

  17. Telat banget baru baca ini, hehe inspiratif banget!
    Di BCU ambil jurusan apa? Boleh dong kirim tips nomor 3😀
    Rencananya saya mau ambil transfer credit di BCU.

  18. hallo…baru baca postingan ini saat googling beasiswa di uk, jarang ya untuk yang undergraduate gitu? boleh share tips no. 3? thank you in advance😀

  19. wah bang boleh tau yang ketiga?
    saya lagi mengincar university of auckland di NZ . (doain ya :D)

    tips donk bang.. buat daftar ke univ nya mending apply online atau pke jasa lain kaya IDP? trima kasih😀

    • Mas Someone,
      Apply online atau lewat agen juga sama saja, yang penting aplikasinya sampai ke universitas yang dituju. Wish you all the best.
      Tentang tipsnya, formatnya dalam email, karena panjang, dan biasanya langsung saya kirim ke siapapun yang minta lewat emailnya. Tapi kok alamat email mas-nya gak muncul ya di notifikasi saya ya?

  20. hello Mr Zero sugar sekarang aku sedang berburu beasiswa nih pengennya ke Glasgow university. semoga aja keterima amin. hehhe btw apa poin ketiganya yaaa??aku serius pngn lolos beasiswa

  21. Penasaran saya sama tips yang ketiga itu, tapi post ini sudah lama sekali, apa kalau saya tinggalkan email masih bakal dikirim infonya, Kak? Terima kasih sebelumnya…

  22. Kang, sy alumni fisip unpad jg. baru pindah ke UK ngikutin suami, penasaran tips no.3 atuh di inbox-in ya secara msh ada bgt niat utk sekula lg.
    Btw sy pns sdg CLTN namun sepertinya resign dlm 2 thn ini:/
    Nuhun kang sateuacana ..

  23. Punten a, boleh tau tips yang ke 3? saya sedang mencari beasiswa di luar, semoga berjodoh dengan london inggris dan sekitarnya.. *blush amiinn🙂
    Ditunggu emailnya ya a, terimakasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s