Makanan Halal di Birmingham dan Masjid Saddam Husein

Menjadi muslim di negeri mayoritas non-muslim jelas merupakan tantangan tersendiri, terutama jika (beneran berniat) menjadi muslim yang taat. Salah satu kesulitan yang biasanya dihadapi yaitu waktu jalan-jalan, mencari makan halal dan tempat untuk shalat. Untungnya Birmingham mempunyai relatif banyak pilihan untuk kuliner halal, walaupun didominasi oleh resto India atau Turki. Konsekuensinya hanya kebab, nasi biryani, kentang goreng atau ayam crispy ala India bisa menjadi alternatif menu. Sayangnya menu seperti itu hanya mengena di perut orang dewasa. Anak-anak yang biasanya lebih suka suka jajanan junk-food Amerika seperti ayam crispy di KFC.

IMG-20121215-00775

KFC (Halal) Perry Barr

Setelah mendapat info dari teman, ternyata ada dua KFC yang menawarkan makanan halal, yaitu di wilayah Soho West Bromwhich, dan Perry Barr. Akhirnya kami memutuskan untuk datang ke Perry Barr. Walaupun jaraknya lebih jauh, tetapi karena mengarah ke kota, tentu pilihan Perry Barr menjadi lebih menarik. Singkat cerita kami segera naik bis 80 seperti biasa, dan setelah sedikit keliling City Centre, akhirnya kami menuju halte bis di Bull Street naik bis no 33 jurusan ke Perry Barr. Setelah melewati interchange masjid jami Birmingham (u/d masjid Saddam Husein), dua pemberhentian berikutnya mengantarkan kami ke KFC yang dituju. Letaknya berada di ujung parkiran (yang amat luas) dari pusat perbelanjaan Perry Barr yang juga tersedia banyak gerai resto lain serta hipermarket ASDA.

Selesai mengisi perut dengan total bayar kurang lebih £10, kami berkeliling sebentar untuk window shopping, lalu segera menuju masjid terdekat untuk menunaikan shalat. Karena ini musim dingin, maka waktu berlalu begitu cepat. Jika shalat Duhr mulai sekitar jam 12-an, maka Ashar akan tiba di 13.45. Masjid Saddam menjadi tujuan utama bagi kami untuk menunaikan shalat jama’. Dengan menumpang bis yang sama dengan arah sebaliknya, kami tiba di Masjid dimaksud.

Birmingham-20121215-00779

Masjid Saddam Husein

Ternyata…, masjid ini hanya menerima jamaah laki-laki, sehingga istri tidak bisa (walaupun sekedar ‘menumpang’ untuk shalat. Kami lalu disarankan mencoba masjid lainnya yang (untungnya) letaknya sekitar 100 meteran dari masjid tersebut. Setelah ambil wudhu, kita langsung menunaikan shalat, dan (lagi-lagi) masjid ini hanya menerima jamaah berjenis kelamin pria. Dalam hati, kok masjid-masjid di sini  bias gender yah? (sebut saja sangat maskulin… hehehe). Apa karena pengelolanya rata-rata dari Timur Tengah?… Hehehe… Untungnya salah satu (entah) pengurus kemudian mempersilahkan istri untuk shalat di lorong masjid itu… hmmmmm🙂

Sedikit cerita tentang masjid ini. Masjid ini (tentunya) dibangun atas perintah Saddam Husein sebagai bantuan Irak pada komunitas muslim di Birmingham. Pada saat Saddam Husein masih menjadi sekutu barat, masjid ini masih menampangkan prasasti yang memuat nama Saddam Husein di luar. Namun setelah hubungan Irak dan barat memburuk, sampai pada momen Saddam menjadi buronan barat, sampai akhirnya dieksekusi, pengurus masjid ini akhirnya memutuskan untuk menyimpan prasasti Saddam Husein di dalam masjid, sehingga tidak terlihat oleh publik. Sebagai gantinya, tertulis besar di dinding masjid ‘Birmingham Jamee Masjid’, yang menyamarkan identitas Saddam di masjid tersebut. Unik ya?  :D Selain itu masjid ini tepat berseberangan dengan salah satu gereja Holy Trinity Parish Church.  Sedangkan di sekitarnya banyak terdapat sekitar 3 masjid lainnya yang bertebaran di lingkungan itu.

Well, itulah jalan-jalan hari ini, untuk sekedar menghibur anak-anak, setelah ‘merengek’ hampir 4 bulan untuk jajan si junk-food itu. Kami segera pulang kembali di Selsey Road, untuk menikmati sisa waktu malam minggu, sebelum terlelap kembali ke tempat tidur. Cuma satu sayangnya, zerosugar kehilangan momen menonton MU vs Sunderland, dan (terpaksa ) cukup gembira dengan membaca berita kemenangannya di detik dan status anak-anak di BB nya masing-masing.

Good night.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s