Warwick Castle

18 – 22 Februari 2013 yang lalu, anak-anak mendapat liburan winter term dari sekolahnya George Dixon Primary School. Kesempatan ini digunakan untuk memanfaatkan tiket ke Warwick castle, yang dulu pernah dipesan satu paket dengan Sealife Birmingham. Total biaya untuk family adalah sekitar £ 80-an untuk kedua tempat rekreasi tersebut.

Akhirnya setelah memesan tiket kereta secara online, maka kami meluncur ke Warwickshire dengan menumpang kereta Chiltern railway dari Dorridge station. Lho mengapa Dorridge? kok bukan Moor Street? …🙂

Jadi begini ceritanya. Selama ini kami terbiasa menggunakan fasilitas family daysaver seharga £8 atau family daytripper seharga £10.20 untuk keliling Birmingham secara murah meriah. Pola tiket terusan ini selalu kami terapkan dengan asumsi biaya transportasi menjadi jauh sangat murah dibandingkan dengan tiket oneway apalagi nyicil (hehehe…). Sayangnya ternyata Warwickshire tidak masuk dalam Daops (baca: Daerah Operasi, istilah PT KAI) West Midlands. Setelah menghitung ulang (maklum ekonomi serba pas, pas butuh pas gitu deh…), akhirnya kami tetap menggunakan jasa daytripper, supaya bisa mencapai Dorridge sebagai stasiun terdekat ke Warwick, namun masih dalam wilayah operasi Westmidlands. Dari Dorridge kami ganti kereta dengan Chiltern tujuan London, dan berhenti di stasiun Warwick, dan membayar tiket pp (0nline) sebesar £10.40 tujuan Dorridge – Warwick.

562978_2851744988948_1364288764_n

Pemandangan kastil dari tangga The Mound

Setiba di Warwick sekitar pukul 11 pagi, kami berjalan menuju castle yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki (sangat walkable) selama 5 – 10 menit. Suasana countryside Inggris langsung menyapa begitu kami menjejakkan kaki di sana. Namun suhu dingin juga turut menyergap dengan kisaran 1 derajat.

Castle ini dianggap sebagai yang terindah seantero Inggris. Mungkin karena luas dan arsitekturnya yang sangat Medieval. Kami  diberikan peta kastil (nah, sekarang jadi kastil, bukan castle..🙂.. diberi pilihan untuk mengnjungi spot-spot yang penting. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah kastilnya sendiri yang megah. Di dalamnya terdapat Chapel, Great hall dan state rooms yang menyimpan banyak koleksi kastil dari mulai pedang, baju perang, alat-alat masak, lukisan dsb.

Kami juga menjajal salah satu menara paling ikonik yaitu Guy’s Tower, setelah melewati Clarence Tower di tengahnya. Hanya saja anda perlu ketahanan fisik yang cukup, mengingat tangga menara yang sangat terjal dan sempit. Satu-satunya menara yang tidak “menantang” sama sekali yaitu Bear Tower, yang letaknya persis sebelah kiri pintu masuk Guy’s Tower…, dijamin kecewa bagi yang suka ketinggian🙂

559784_2851753189153_1887432572_n

Pemabuk dan Id**t dilarang masuk…🙂

Makan siang kami persiapkan dari rumah, sehingga kami menuju area piknik yang terletak di sebelah bangunan kastil. Sebetulnya terdapat pula restoran di dalam kastil, tapi kami memilih botram, hanya karena pertimbangan kehalalan dan dompet tentunya :p. Atraksi burung elang, memanah  dan pedang dari para aktor pangeran juga turut memeriahkan siang itu. Selain itu terdapat taman burung merak atau Peacock Garden di ujung area piknik tersebut.

Lelah dengan kegiatan keliling kastil, akhirnya giliran anak-anak yang menikmati liburannya dengan bermain di Pageant Playground. Nampaknya mereka lebih menikmati permainan di sana daripada sekedar wisata sejarah yang buat mereka mungkin membosankan.. hehehe

Jam 3 sore, kami segera memutuskan pulang untuk segera kembali ke Birmingham, setelah menyaksikan salah satu daily show yang ditampilkan di lapangan kastil. Rasa lelah dan lapar kembali menyergap sepanjang perjalanan pulang ke rumah, akhirnya setangkup roti dan biskuit pun menjadi sasaran amuk massa.