Korea Selatan

Kali ini nengok Korea Selatan yuk. Mengapa Korea? Ini adalah negara yang pernah dua kali dikunjungi oleh zerosugar pada tahun 2009 dan 2010 silam. Dua kesempatan kunjungan ini sangat membekas dalam memori  zerosugar. Kultur dan tampilan fisik orang Korea yang mirip-mirip orang Jepang lah yang mungkin menjadi penyebab mengapa kesan itu begitu kuat. Tetapi lebih dari itu, ada banyak hal yang zerosugar bisa petik dari Korea sebagai pelajaran hidup, baik sebagai individu maupun dalam konteks kehidupan berbangsa.

CIMG8187

Monumen DMZ, spirit unifikasi dua Korea, 2009

Sejarah gemilang Korea Selatan dimulai setelah selesai Perang Dunia II dengan dijalankannya pemerintahan bertangan besi di bawah kepemimpinan Park Chung-hee. Dengan mengabaikan nilai demokrasi, dia fokus membangun ekonomi negerinya dengan pendekatan di luar mainstream.  Keputusannya untuk membangun jalan tol dari Seoul ke Busan saat itu dikritik sebagai pemborosan luar biasa, karena menghabiskan dana yang tidak sedikit. Tetapi di kemudian hari terbukti, jalan yang dibangung itu menjadi urat nadi perekonomian Korea yang menghubungkan pusat pemerintahan, pusat-pusat industri dan kota pelabuhan sebagai gerbang eksport. Visi ekonomi ke depan yang begitu kuat. tapi sebentar, ini postingan tidak bermaksud mengulas sejarah Korea secara detail…. agak tersesat nih..😛

IMG_4482

Salah satu sudut Incheon Airport, satu dari sekian landmark kesuksesan ekonomi Korea

Kesan kuat kedua jstru di kulinernya. Saat ini siapa yang tidak kenal dengan kimchi (semacam acar, honestly gak enak kalo yang ini), bulgogi (daging dengan bumbu mirip santan kental, favorit zerosugar nih), bibimbap (semacam nasi rames ala Korea, sangat tasty, love it)  atau samgyetang (baby chicken utuh dalam mangkok besar dengan soup santan yang enak). Restoran Korea sudah mulai bertebaran di Jakarta. Zerosugar berkesempatan mencicipi kembal kuliner Korea ini di Birmingham. Apa? Birmingham? ya Birmingham (sampe pegel ngetik nih nama kota). Berkat undangan jamuan makan siang dari teman Korea, akhirnya zerosugar kembali bisa mencicipi kuliner yang memanjakn lidah.

IMG_7727a

Jamuan makan di kediaman teman Korea (foto inset), 2013

samgyetang

Penampakan Samgyetang dan Kimchi, di meja zerosugar di salah satu restoran di Seoul, 2009

Ya, kalo lagi puasa begini, ngomongin kuliner pasti selalu asyik..😛. Di luar kuliner, zerosugar tertarik dengan budaya Korea yang nampaknya sangat colourful. Dibandingkan penampakan budaya Jepang yang serba hitam putih, tampilan Korea lebih meriah dan eye catching.  Warna biru, merah dan putih diselingi kuning sangat menonjol dalam atribut serta pakaian mereka. Dalam satu kesempatan kunjungan ke Korean Folk Village, zerosugar berkesempatan menyaksikan salah satu prosesi pernikahan adat Korea. Ini adalah prosesi asli, bukan untuk keperluan performance.

IMG_7369

Salah satu prosesi pernikahan adat di Korea, 2010

Akhirnya, kesan terakhir mengenai Korea ini, dan sepertinya yang paling penting untuk kita tiru, adalah etos kerjanya yang tinggi. Budaya timur. komitmen dan loyalitas menjadi ciri khas dan karakter orang Korea, disamping juga terkenal (maaf) ‘pelitnya’.😛 Above all, zerosugar salut dan angkat topi dengan segala kemajuan Korea ini, mengingat sejarah peradaban dan budaya mereka yang relatif inferior dibandingkan dua raksasa Cina dan Jepang yang menjepitnya dari sisi kiri dan kanan.

CIMG8119

Siapa yang kreatif, dialah sang pemenang

CIMG8118

Posco, pabrikan baja kelas dunia asal Korea

Posco adalah salah satu pabrikan baja terbesar di dunia dari Korea, dengan fakta bahwa Korea tidak memiliki satu pun tambang bahan baku baja di negerinya.  Inilah contoh konkrit betapa kepemilikan sumber daya alam (SDA) yang berlimpah bukan syarat utama untuk menjadi maju. Bagaimana dengan Indonesia yang SDA nya jauh berlimpah dibandingkan negeri Korea ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s