London yang (tetap) murah, setidaknya….

Ini adalah tulisan tentang perjalanan ke London, menyambung tulisan perjalanan ke London yang sebelumnya. Memang tidak ada info yang betul-betul baru, selain kunjungan kali ini (ketiga kalinya bagi zerosugar), dinaungi sedikit keberuntungan karena mendapat cuaca yang cerah, walupun itu terjadi menjelang sore/malam.Setelah menumpang coach Megabus dari haltenya di Hill street (sebelumnya di Colmore), kami menempuh waktu perjalanan sekitar 3 jam, dengan harapan mencapai London sekitar makan siang. Tujuan utama kali ini adalah untuk memperpanjang paspor yang masa berlakunya sebentar lagi habis.

Yang barangkali bisa dijadikan referensi dari kunjungan kali ini, bagi yang hendak menginap di London dengan harga murah meriah, terdapat pilihan Wisma Siswa Merdeka di London sebelah utara, tepatnya dekat stasiun Wilesden Green (masih zona 2). Wisma ini lebih cocok untuk kalangan backpacker, bukan untuk tamu dengan budget ‘wah’, dengan rincian sebagai berikut:

Alamat: 44 Dartmouth Road, Willesden Green, London NW2 4EX, Ph. +44 20 8452 8936, Mobile: +447453575565

Ringkasan fasilitas dan Tata Tertib:

  1. Check in jam 12.00 siang dan check out jam 11.00 siang
  2. Sharing room £13.50 per bed/orang/malam (student), atau £17.50 (umum)
  3. Tarif untuk anak-anak 5-12 tahun £10.00 (anak student), atau £12.5 (anak umum)
  4. Fasilitas wifi, sarapan (American breakfast), dan tempat tidur berdasarkan gender (single bed)
  5. Terdapat kamar untuk keluarga (tidak berbagi)
  6. No smoking and alcohol
  7. No laundry atau cooking, tapi disediakan microwave dan pemanas air  

Tarif di atas masih jauh lebih murah dibandingkan biaya menginap di hostel pada cerita perjalanan sebelumnya. Wisma ini bisa dicapai menggunakan Jubilee line, turun di Willesden Green, lalu keluar pintu utama berjalan ke arah kiri (setelah sebelumnya menyebrang jalan uatama depan stasiun), setelah ketemu Chicken Cottega, akan ketemu Darthmouth Road sebelah kanan, dari sana kira-kira 200-300 meter lah jalan kaki.

IMG-20130823-00386

London, dari ketinggian Gondola Emirates Air Line

Wisata yang juga sangat direkomendasikan untuk kunjungan singkat kali ini adalah Greenwich, yang bisa dicapai menggunakan Jubilee line, dan berhenti di stasiun North Greenwich. Ini adalah (sepertinya) kawasan yang baru dibangun di sebelah timur London yang menyediakan fasilitas belanja, kuliner (the O2) dan wisata gondola (Emirates Air Line). Sangat modern, kontras dengan karakter London lama yang serba abad pertengahan. Di sini kita serasa sedang berada di BSD dengan bangunan mal yang serba megah dan modern.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s