HP atau Ponsel Terbaik Sepanjang Masa s.d. 2013

Setiap media atau institusi mempunyai versi sendiri mengenai ponsel mana yang terbaik sepanjang masa. Indikator yang digunakan biasanya seputar angka penjualan, fitur teknologi, loyalitas (baca fanaism) pelanggan, dsb.

Zerosugar mempunyai daftar ponsel terbaik versi sendiri, tentunya tanpa indikator-indikator (objektif) tersebut sebelumnya. Satu-satunya indikator yang (sangat subjektif) ialah karena ponsel-ponsel ini pernah dimiliki dalam kurun 12 tahun terakhir.

Kebanyakan HP di bawah ini bermerk (Sony) Ericsson, maklum sebagai penganut anti kemapanan yang berdiri di tengah-tengah arus mayoritas pengguna Nokia. Urutan berikut  tidak menunjukkan ranking, tetapi lebih pada kronologis kepemilikan.

1. Ericsson GA628

Ericsson-GA-628HP ini masuk menjadi yang terbaik karena menjadi pilihan pertama ketika zerosugar membeli HP untuk pertama kalinya di tahun 2000-an (atau 2001). Dilepas karena bosan dan keburu jatuh hati pada keluaran terbarunya yaitu seri T10s.

2. Ericsson T10s

Ericsson-T10sIni adalah salah satu pembelian HP terbaik yang pernah dilakukan zerosugar, karena desainnya yang sangat ergonomis. Telah menjadi HP kesayangan untuk beberapa saat, sebelum sayangnya hilang dicopet di bis dalam kota “Steady Safe” jurusan Senen-Blok M persis di depan sasiun Gambir (aneh juga kok steady safe namanya, tapi sama sekali tidak ‘safe’). Kalau masih ada yang menjual tipe ini, pasti akan diusahakan dibeli, walaupun sepertinya kecil kemungkinannya😦

3. Ericsson T18s

Ericsson-T18s

Tidak begitu berkesan, namun dibeli karena untuk mengganti HP yang kecopetan tadi. Kelebihan fiturnya dibanding sepupunya; T10s yaitu flip nya yang bisa berfungsi mengaktifkan panggilan telepon. Desain agak kaku batu bata, dengan warna marun kulit jeruk, cukup berkelas pada masanya.

4. Siemens C35

Siemens C35

Sangat handy dan ergonomis, jadi HP monochrome terakhir yang dimiliki zerosugar, cukup puas dengan performa fitur dan tampilan, Dilepas karena tertarik kembali dengan HP merk Sony Ericsson.

5. Sony Ericsson A1301S (AU-KDDI Japan)

SE Japan A1301S_1Ponsel berkamera pertama yang dibeli di Tokyo seharga ¥1 (sekitar Rp. 100). Saat itu model pemasarannya tidak ada yang dijual lepas seperti di Indonesia, tapi diikat kontrak dalam periode tertentu. Cek beritanya di sini (English only) atau ini (Japanese only). Dipakai optimal selama dua tahun tinggal di Jepang, namun sayang tidak bisa digunakan sekembalinya ke Indonesia, karena beda sistem. Ini juga salah satu HP favorit, dan tentunya masih minat untuk memilikinya lagi.

6. Sony Ericsson K510

SE k510

HP dengan fitur entertainment yang cukup lengkap pada masanya, dan layar yang berwarna serta glossy. DIlepas, dan incredibly saat ini masih bekerja optimal, di tangan orang tua. Luar biasa.

6. Sony Ericsson M600i

SE M600i

HP touchscreen kedua yang dibeli zerosugar. Sebelumnya pernah membeli HP touchscreen merk Cina yang sayangnya tidak bisa ditelusuri gambarnya, bahkan nama merknya sendiri lupa. Spesifikasi HP M600i ini masuk kategori smartphone, dengan fitur entertainment yang komplit plus fasilitas browser. Status terakhir: hilang di jalan.

7. Nokia Communicator 9300

nokia-9300i

Nokia, HP sejuta umat, merupakan HP dengan merk yang jarang dilirik zerosugar. Dengan fitur mirip M600i, cukup menarik untuk di gunakan, dan lumayan menjadi gadget andalan pada masanya. Kesan penggunaannya lebih seperti orang kantoran, formal dan bossy dikit.

8. Nokia E63

NOKIA E63

Nokia dengan tampilan yang lebih menarik, meniru desain blackberry yang menampilkan keyboard qwerty. Cukup bertahan dengan fitur yang kurang lebih sama dengan pendahulunya sebelum akhirnya dilepas untuk mendapatkan Blackberry pertamanya.

9. Blackberry Torch 9800

blackberry-torch-9800Dibeli dengan kebimbangan yang luar biasa, karena pada waktu itu hendak meninggalkan Indonesia menuju Inggris. Satu-satunya alasan membeli HP ini pada saat itu agar terhubung mudah (melalui BBM) dengan keluarga yang hendak ditinggalkan. Namun setelah reuni di Inggris pun, HP ini masih dipertahankan karena multifungsi dan kehandalannya dalam menjalin komunikasi dengan anggota keluarga lainnya, teman dan kolega di tanah air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s