Selfie

Beberapa hari ini media diramekan dengan pemberitaan “selfie” atau perilaku “narsis” berfoto sendiri dengan ponsel atau kamera kompak. Tidak tanggung-tanggung yang melakukannya tokoh sekaliber Obama, Cameron dan Schmidt (PM Denmark).

David Cameron, Helle Thorning-Schmidt, Barack Obama and Michele Obama

kredit foto: the Guardian

Yang memancing komentar publik tentu bukan karena “selfie” adalah perilaku atau kebiasaan yang salah. Malah amat sangat wajar dan manusiawi. Kita pun hampir dipastikan pernah melakukannya. Hanya publik dan media memang cenderung tidak fair dengan menempatkan tokoh-tokoh dunia itu seperti bukan manusia. Hanya karena:

  1. Mereka pimpinan negara (maju malah), mereka dianggap tidak pantas melakukan sesuatu yang dilakukan kebanyakan orang.
  2. Perbuatan ini dilakukan di tengah-tengah suasana perayaan (eh salah lagi) menghormati jenazah Mandela, yang juga tokoh dunia.
  3. Tambah bumbunya ketika Michelle Obama kelihatan manyun, entah karena tidak bisa ikut-ikutan selfie atau gondok sama kelakuan suaminya.

Padahal sederhananya, mereka adalah manusia yang juga punya hak menikmati  kesenggangannya di tengah-tengah padatnya jadwal protokoler masing-masing. Pun selfie yang mereka lakukan dilakukan di tengah-tengah suasana keramaian yang (memang sih) tidak melulu menunjukkan indikasi kedukaan yang mendalam, selain bernyanyi dan menari.

Jaadi,… be human dikitlah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s