Membuat Paspor (Biru) Baru

3paspor

Evolusi paspor biru dari tulis tangan, tempel foto dan laminating menjadi lebih elegan dengan scan digital plus hologram

Tidak terasa sudah saatnya untuk memperbaharui paspor (biru), soalnya Oktober 2014 mendatang sudah akan expired. Sayangnya membuat paspor biru sedikit berbeda dengan paspor hijau. Jika membuat paspor hijau kita cukup datang ke kantor imigrasi dengan membawa persyaratan dokumen yang ditentukan, maka membuat atau memperbaharui paspor biru tidak bisa melakukannya sendiri.

Sebagai catatan, paspor biru berbeda dengan paspor hijau, karena ini hanya diperuntukan untuk pegawai negeri atau pejabat negara yang melakukan tugas negara. Ciri khasnya bersampul biru. Sedangkan jenis paspor lainnya yang berkaitan dengan tugas kenegaraan adalah paspor diplomatik, biasanya berwarna hitam, yang hanya diperuntukan bagi korps diplomat yang mengemban tugas-tugas diplomatik. Kedua jenis paspor ini diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri, berbeda dengan paspor hijau yang dikeluarkan oleh kantor imigrasi.

Memperbaharui paspor biru setidaknya memerlukan pengantar dari otoritas terkait, yaitu kementerian luar negeri atau KBRI/KJRI, pengantar dari kantor sendiri dan (mungkin) beberapa dokumen lampiran dari Setneg/Setkab. Jika kita sedang tinggal di luar negeri, maka yang pertama sekali kita harus meminta pengantar pembuatan paspor dari KBRI. Surat dari KBRI ini bisa kita sertakan untuk disampaikan ke Kemenlu, dilengkapi dengan (untuk jaga-jaga) surat pengantar dari kantor sendiri dan dokumen tugas belajar atau surat penugasan lainnya dari Setneg/Setkab. Yang paling penting adalah siapkan juga copy KTP dan pas foto terbaru, yang disarankan berlatar belakang putih. Biaya nya? seharusnya sih gratis, perlu ditanyakan langsung ke Kemenlu. Pengalaman di instansi lain juga boleh jadi berbeda.

Sebelumnya usia paspor biru biasanya hanya 2 tahun, dan dapat diperpanjang sebanyak dua kali. Kondisi ini biasanya menyulitkan pemegang paspor yang tinggal di luar negeri lebih dari dua tahun. Namun syukurlah dalam paspor biru terbaru (2014) ternyata usia paspor biru menjadi 5 tahun, seperti halnya paspor hijau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s