Belanja online di eBay, Amazon dan Gumtree, asyik gak sih?

online-shopping

kredit gambar: http://ttnewsflash.com

Saat ini belanja online merupakan satu keasyikan tersendiri. Selain lebih mudah karena kita tidak perlu capai-capai berjalan dari satu toko ke toko lain, model belanja ini juga menawarkan keleluasaan waktu dan biaya kepada kita, dibandingkan dengan model belanja konvensional. Satu-satunya kekurangan dari belanja online adalah, kita hanya berolahraga menggerakkan jari kita, bukan badan dan kaki kita, hehe.

Lupakan dulu situs belanja lokal yang banyak dikenal seperti bukalapak, toko bagus (sekarang olx) atau berniaga.com. Zerosugar mencoba membandingkan antara raksasa situs belanja yang sudah mendunia yaitu eBay, Amazon dan Gimtree. Ketiganya sebenarnya menawarkan sistem belanja yang sangat nyaman, bahkan terlalu nyaman. Setelah kita (berhasil) mendaftar, maka dengan segera kita disuguhi berbagai macam barang, sesuai dengan minat, kebutuhan dan, tentu saja kantong kita.

Bagi anda yang nyaman dengan bidding atau tawar menawar harga, cobalah situs eBay. Situs ini menawarkan banyak barang (baru dan bekas) dari harga sangat rendah (tidak masuk akal) sampai harga normal pasaran. Begitu anda menemukan barang dan harga yang cocok, jangan terburu-buru melakukan transaksi. Berikut ini adalah beberapa tips dalam berbelanja di eBay.

  1. Perhatikan rating seller. Sempatkan diri untuk membaca review mengenai penjual. Semakin bagus dan semakin banyak bintangnya, maka semakin terpercaya kredibilitasnya.
  2. Perhatikan negara asal pengirim, karena itu akan menentukan berapa biaya ekstra yang harus dikeluarkan. Sebisa mungkin pilihlah penjual yang berasal dari negara yang sama tempat anda tinggal. Kalau perlu carilah barang dengan label Free P&P, karena ini adalah fasilitas pengiriman yang gratis, walaupun beberapa sebenarnya cost untuk pengiriman mungkin sudah dibebankan ke harga barang.
  3. Karena eBay menawarkan sistem bidding dan buy-it-now, maka anda harus hati-hati dan menyesuaikan untuk memilih model pembelian dan barangnya. Perhatikan apakah barang yang ditawarkan itu berstatus barang sisa, bekas, refurbished, atau baru.
  4. Sekali lagi bandingkan harga barang sejenis dengan harga di pasaran normal, sehingga bisa memutuskan dengan bijak mana yang akan dipilih. Sebagai pembanding pilih situs resmi yang menjual barang sejenis. Setidaknya ini sangat membantu secara psikologis dalam berbelanja.

Sebagai contoh, hari ini zerosugar hanya membutuhkan 5-10 menit untuk mencari iPad mini case seharga £2.99 dengan status Free P&P yang akan dikirim langsung ke alamat zerosugar di Brimingham. Padahal di situs yang sama terdapat penawaran harga £3.99, £5.99 dan £9.99. Hampir-hampir terkecoh dengan harga yang lebih tinggi, karena yang muncul di display pertama kali. Bandingkan pula dengan kejadian kemarin waktu zerosugar tanya di iBox Plaza Indonesia (posisi lagi di Jakarta), harga untuk barang yang sama mencapai Rp. 500rb. Bisa dilihat kan? betapa margin harganya yang begitu lebar.

Sedangkan belanja di Amazon, secara umum harga barang yang ditawarkan biasanya lebih tinggi dibandingkan eBay. Sepertinya kelas Amazon lebih tinggi sedikit dibandingkan eBay. Namun kenyamanan belanja tidak diragukan lagi. Zerosugar pernah menggunakan Amazon di Jepang untuk belanja buku dengan sistem COD atau cash on delivery. Setidaknya ini yang tidak bisa dilakukan di eBay, dimana pembayaran harus dilakukan dimuka. Memang tidak semua barang bisa di-COD-kan. Setidaknya level of trust Amazon lebih tinggi dibandingkan eBay. Tips berbelanja di Amazon pun kurang lebih sama dengan eBay di atas. Yang jelas, untuk mencari barang yang lebih premium, disarankan untuk melihat di Amazon.

Nah, bagi yang suka berburu barang bekas saja, maka situs belanja online seperti Gumtree bisa menjadi pilihan. Situs ini menawarkan lebih banyak barang-barang bekas, biasanya langsung dari pemilik. Transaksinya pun langsung tatap muka dengan penjual. Situs ini hanya memfasilitasi appointment antara calon pembeli dengan penjual. Inilah pasar loak online terbesar di Inggris Raya.

Kelemahan berbelanja online tentu ada, salah satunya terutama berlaku bagi yang berdomisili di Indonesia, Terkecuali Gumtree, biasanya pendaftaran ke situs belanja ini memerlukan kepemilikan kartu kredit. Tentu bagi yang alergi kartu kredit ini akan cukup menyulitkan. Selain itu kepemilikan akun Paypal juga sangat dianjurkan, karena akun ini sangat diterima oleh banyak situs belanja, khususnya eBay. Untuk kasus di Inggris, misalnya, kartu debit bisa diterima dengan senang hati. Mungkin karena masalah kredibilitas perbankannya saja yang lebih dipercaya. Ini barangkali jadi PR perbankan di Indonesia.

Akhirnya, anda tetap disarankan, bahkan sangat disarankan untuk tetap bijak dalam berbelanja. Belanja online memiliki satu kelemahan lainnya, yaitu sifat adiktifnya. Sekali anda berhasil melakukan transaksi, maka biasanya syaraf di otak anda akan segera menstimulasi anda untuk melakukan transaksi-transaksi lainnya yang belum tentu perlu. At the end of the day, you will regret it for sure.

4 responses to “Belanja online di eBay, Amazon dan Gumtree, asyik gak sih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s