Pilih Office resmi atau bajakan?

sumber foto dapsoft.blogspot.com

Beberapa bulan terakhir ini, zerosugar mendapatkan gangguan dalam melakukan aktivitas di depan komputer. Ini karena ketergantungan yang tinggi akan produk MS Office, terutama MS Word dan MS Powerpoint. Sebenarnya sekitar awal tahun ini, seorang teman di Jakarta menawarkan untuk menggunakan office crack-an, alias gratisan. Tentu tawaran ini tidak bisa ditolak. Bagaimana pun, kebanyakan orang kita masih suka produk yang gratisan. Tapi yang namanya bajakan, tentu banyak kekurangan. Sebulan terakhir, setelah zerosugar kembali ke Inggris, office ini mulai ngadat dan memberi warning akan expired. Proses aktivasi diperlukan agar produk dapat tetap digunakan.

Setelah browsing berbagai situs, ditemukan beberapa teknik seperti yang populer salah satunya dengan KMS activator atau teknik keygen, skype dll. Teknik-teknik aplikasi ini jelas ilegal, tapi (sepertinya) cukup ampuh menembus dan mengelabui microsoft sehingga tidak bisa mengenali lagi asli atau palsu. Beberapa teknik tersebut kemudian dicoba, dan hasilnya cukup… mengecewakan. Entah karena zerosugar yang tidak cukup sabar menghadapi pop-up iklan, penyusupan trojan, malware dsb. Akhirnya setelah berkutat dengan office trial sebulan, sampailah pada titik di mana tidak ada pilihan lagi selain harus membeli produk asli atau terbang ke Indonesia (tepatnya ke Glodok, hehehe).

Pilihan kedua tentu sulit dan makan banyak energi. Walaupun banyak teman yang coba menawarkan bantuan, akhirnya dengan segala ketetapan hati, zerosugar memutuskan untuk membeli saja. Habis perkara. Setelah memilih produk dengan hati-hati, akhirnya jatuhlah pada pilihan Office 365 University, yang menawarkan harga GBP59.99 untuk masa aktif 4 tahun. Sangat murah dengan estimasi, per bulan kurang dari GBP1.5. Bandingkan kalau membeli Office 2013 “gelondongan” yang bisa mencapai GBP 119.99. O, iya, bedanya Office 365 dengan Office 2013 itu hanya di sistem pembeliannya, sedangkan isinya (sepertinya) relatif sama. Kalau Office 365 sistemnya disewa pertahun, dengan harga GBP59.99 per tahun untuk personal dan GBP79.99 untuk home, sementara Office 2013 sistemnya jual putus. Khusus yang Office 365 University, harga ini berlaku untuk 4 tahun, tentunya dengan melalui proses verifikasi virtual di web kampus.

Akhirnya sejarah mencatat, untuk pertama kalinya zerosugar membeli produk resmi microsoft, setelah sebelumnya OS Windows (itupun karena sistem bundling). Bagi zerosugar, sebenernya ini bukan sekedar transaksi elektronik biasa, tapi menjadi sebuah peristiwa moral yang memberi pemaknaan dan penghargaan atas hak cipta seseorang, tentunya dengan konsekuensi (logis) harus merogoh kocek ekstra. Bukan sebuah pergulatan batin tentunya, tapi sebuah keputusan yang (seharusnya tidak) sulit, namun melegakan secara emosional pada akhirnya.

Keuntungan Office asli

Nah, ini bukan bermaksud promosi, tapi setidaknya ada tiga keuntungan langsung yang didapatkan:

  1. Kelegaan emosional alias hilangnya perasaan bersalah karena menggunakan produk ilegal
  2. Dapat kredit Skype 60 menit setiap bulannya untuk menelepon kemana saja, walaupun khusus untuk Indonesia, baru berlaku untuk landlines di Jakarta saja.
  3. Mendapat ekstra storage di OneDrive 1 TB atau tepatnya sebesar 1024 GB. Jadi total storage yang zerosugar miliki sekarang adalah 1064, setelah sebelumnya mempunyai 40 GB

 

 

OneDrive

Bonus lainnya, ekstra storage sebesar 1 TB

4 responses to “Pilih Office resmi atau bajakan?

    • Mbak Nella,
      Waktu membeli office, mbak kan diharuskan mendaftarkan akun microsoftnya (berupa alamat email seperti outlook.com, hotmail, live atau msn.com). Nah akun ini akan otomatis mendapat tambahan cloud storage sebesar 1 TB (atau biasa disebut OneDrive, dulu namanya SkyDrive). Coba deh dicek di akun email nya, lalu klik OneDrive, mbak bisa upload data jutaan file ke dalamnya.
      Makasih sudah mampir🙂

      Sent from my iPad

      >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s