Apa yang (bisa) dilakukan jika lupa nama orang?

Pernahkah kita terjebak dalam situasi bertemu orang asing yang mengenal dan memanggil nama kita, sementara kita sendiri, OMG, malah blank sama sekali, alias gak inget namanya? Jika ya, mungkin ringkasan tips dari link ini bisa membantu.

  1. Mintalah alamat emailnya. Ini karena kebanyakan orang menggunakan nama atau bagian namanya pada alamat email mereka. Dengan mengetahui alamat email mereka, maka memudahkan anda untuk menebak nama ybs.
  2. Perkenalkan ybs pada seorang teman. Ini bisa dilakukan dan berharap dia bisa menyebutkan namanya.
  3. Menunggu hingga percakapan berakhir, lalu tanya pada teman anda. Jurus ini bisa dipakai dengan catatan jangan biarkan percakapan berlarut-larut, atau anda akan ketahuan sedang dalam kondisi amnesia😀
  4. Tanyakan cara mengeja nama mereka. Ini agak sulit, karena sebetulnya sih agak aneh juga meminta cara mengeja. Emangnya guru bahasa Indonesia, hehe.
  5. Mintalah kartu namanya. Dalam acara-acara formal, tentu ini bisa dilakukan dan akan sangat membantu di kemudian hari untuk terus mengingatnya.
  6. Akhiri percakapan dengan mengingatkan kepada ybs nama anda sendiri. Ini hanya berlaku dalam percakapan sangat formal. Misalnya, senang bertemu anda, nama saya bla-bla bla, dan nama anda, maaf siapa tadi…?
  7. Tanyakan arti nama mereka. Ini bisa dilakukan apabila percakapan mengarah pada situasi bercanda atau membahas arti sesuatu.
  8. Kreatif sedikit kenapa. Misalnya mengajak ybs untuk membandingkan foto di KTP atau SIM anda. Mungkin menyenangkan dan anda bisa mengintip namanya di kartu tersebut. Pastikan jari ybs tidak menutup namanya, hehehe.
  9. Jujurlah. Ini yang paling pahit dan berat dilakukan, tetapi jauh lebih baik daripada berpura-pura. Sampaikanlah dengan sopan dan juga permintaan maaf tentunya.

Kenapa saya share ini, karena baru aja mengalaminya beberapa waktu lalu. Gak bisa berpikir lagi saat itu dan hanya punya jurus nomor 9.😀

One response to “Apa yang (bisa) dilakukan jika lupa nama orang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s